Tim relawan PLN berhasil menyalakan seluruh gardu listrik di Kota Donggala (Foto: PLN)
Tim relawan PLN berhasil menyalakan seluruh gardu listrik di Kota Donggala (Foto: PLN)

Gardu Listrik di Kota Donggala 100% Menyala

Ekonomi listrik pembangkit listrik pln tarif listrik Gempa Donggala
Angga Bratadharma • 06 Oktober 2018 10:36
Jakarta: Staf Khusus III Menteri BUMN Wianda Pusponegoro Sabtu pagi menyebarkan informasi melalui jejaring grup Whatsapp ke awak media bahwa seluruh gardu listrik di Kota Donggala sudah menyala. Sejauh ini, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) terus memaksimalkan upaya memperbaiki infrastruktur listrik wilayah terdampak gempa dan tsunami.
 
"Alhamdulillah, sebelum azan subuh berkumandang, seluruh gardu (listrik) di Kota Donggala sudah menyala. Salut dan terima kasih kepada super tim relawan listrik PLN," kata Wianda, seperti dikutip Medcom.id, di Jakarta, Sabtu, 6 Oktober 2018.
 
Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda mengungkapkan kunci keberhasilan menyelesaikan persoalan listrik usai terjadi gempa di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulteng adalah kebersamaan dari semua internal PLN dan para relawan. Adapun PLN Area Palu terus mengoptimalkan perbaikan agar sistem kelistrikan bisa mencapai 100 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gardu Listrik di Kota Donggala 100% Menyala
Suasana Donggala usai seluruh gardu listrik menyala kembali (Foto: PLN)

 
"Ini karena kebersamaan para relawan PLN yang datang dari berbagai daerah ke Palu untuk membantu masyarakat yang sedang berduka. Sebenarnya teman-teman PLN di luar Palu langsung seketika mau membantu, tapi semua transportasi tutup. Karenanya kami baru minggu melakukan perbaikan di Palu," kata Syamsul, seperti dikutip dari Metro TV.
 
Gardu Listrik di Kota Donggala 100% Menyala
Suasana Donggala usai seluruh gardu listrik menyala kembali (Foto: PLN)
 
Syamsul menjelaskan ketika terjadi gempa dan tsunami seluruh infrastruktur listrik lumpuh karena Kota Palu dan sekitarnya dipasok oleh tujuh gardu induk dan kesemuanya padam saat terjadi bencana tersebut. Namun, di hari pertama usai gempa, teman-teman PLN langsung menormalkan dan berhasil menghidupkan dua gardu induk sedangkan lima lainnya masih padam.
 

 
"Kami berangsur-angsur bisa mengatasi. Pertama, kita membuat titik-titik nyala dengan menggunakan genset dan berangsur-angsur infrastruktur kelistrikan bisa kami pulihkan," kata Syamsul.
 
Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy N Sommeng mengapresiasi kinerja PLN dalam menyelesaikan persoalan listrik di Kota Palu dan sekitarnya. Dirinya tidak menampik persoalan ini tidak hanya bisa bergantung kepada PLN Area Palu semata.
 
Gardu Listrik di Kota Donggala 100% Menyala
Tim relawan PLN memperbaiki listrik di Donggala (Foto: PLN)
 
Andy melihat teman-teman teknisi relawan PLN di semua area mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua datang ke Palu dan sekitarnya dalam rangka menyelesaikan seluruh persoalan listrik secara bersama-sama usai terjadi gempa dan tsunami.
 
"Kita tidak bisa bergantung kepada teman-teman di Sulawesi saja, kita juga butuhkan teman lain. Ini kebersamaan yang baik dari teman-teman PLN dalam menyelesaikan persoalan listrik di Donggala (dan sekitarnya)," pungkas Andy.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi