Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Menteri ESDM: Sudah Tak Ada Pembangunan PLTU Batu Bara di Jawa

Ekonomi batu bara proyek pltu
Husen Miftahudin • 29 April 2019 20:30
Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengakui saat ini sudah tak ada lagi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan energi primer batu bara di Pulau Jawa. Terakhir, izin pembangunan PLTU batu bara dikeluarkan pada 2017.
 
"Di dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) itu sejak 2018 kami sudah tidak (mengeluarkan) izin untuk membangun PLTU dengan energi primer batu bara di Pulau Jawa," ujar Jonan saat ditemui di Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 29 April 2019.
 
Jonan menyatakan pembangunan PLTU batu bara yang sedang berjalan saat ini merupakan pembangkit listrik yang mendapat izin sebelum 2018. Ke depan, tak ada lagi pembangunan PLTU di Pulau Jawa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ke depan itu sudah enggak ada (pembangunan), sama sekali enggak ada. (Kalau ada pembangunan) harus menggunakan pembangkit listrik tenaga gas atau menggunakan renewable (energi terbarukan)," tutur dia.
 
Dengan demikian, sumber energi listrik di Pulau Jawa nantinya akan mengandalkan energi terbarukan. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan tingkat polusi di Pulau Jawa.
 
"Kalau ini bisa, mudah-mudahan Pulau Jawa polusinya bisa rendah dan dampak lingkungannya terkendali," tutup Jonan.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif