Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Penurunan Harga Minyak Saat Ini Tidak Separah saat SARS Mewabah

Ekonomi virus korona
Nia Deviyana • 28 Januari 2020 20:21
Riyadh: Ada kemungkinan penurunan harga di pasar minyak seiring kekhawatiran terhadap virus korona. Namun, dampak ini tidak terasa secara langsung dibandingkan penjualan pada 2003, kala sindrom pernapasan akut (SARS) menjadi kekhawatiran saat itu.
 
Harga minyak berjangka turun di sesi keenam pada perdagangan Selasa, 20 Januari 2020, di tengah laporan meningkatnya jumlah kasus dan korban. Laporan otoritas kesehatan Tiongkok merilis virus korona sudah menewaskan 106 orang dan menginfeksi 4.515 orang.
 
"Ini didasarkan pada banyak ketakutan dan kepanikan," ujar Vandana Hari, pendiri dan CEO Konsultasi Pasar Energi Vanda Insights seperti dilansir CNBC International, Selasa, 28 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketakutan dan kepanikan itu, kata Hari, mungkin tidak akan mereda dalam waktu dekat. Namun, kondisi ini adalah respons yang alami.
 
"Namun, ketika respons ini datang ke pasar minyak, saya tidak berpikir itu sepenuhnya sebanding (dengan kondisi 2003)," tukasnya.
 
Harga minyak juga merosot selama wabah SARS pada 2003. Namun dia mengatakan ada "pengaruh lain yang jauh lebih besar" di pasar minyak pada waktu itu, salah satunya invasi AS ke Irak.
 
Minyak mentah Brent turun dari pertengahan USD30 ke tengah USD20 pada 2003.
 
Hari menilai penurunan harga minyak saat ini tidak sepenuhnya karena kekhawatiran virus korona. Dia mengatakan, ada kecenderungan bearish di pasar sebelum wabah tersebut mencuat. Salah satunya ketegangan AS-Iran yang cukup menyita perhatian, dan perang dagang AS-Tiongkok yang akan menemui kesepakatan.
 
Hari mengatakan tidak melihat katalis terbalik untuk minyak, tetapi OPEC dan sekutunya bisa berjuang untuk menstabilkan harga.
 
"Saya yakin mereka akan melakukan segalanya dengan kekuatan mereka, tetapi kerugian selama seminggu terakhir sangat berpengaruh," tutur Hari.

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif