SEAPUP 3 Siap Tingkatkan Produksi Migas Nasional
Liftboat SEAPUP 3 resmi diluncurkan, Senin, 22 Oktober 2018. Foto-foto: Istimewa
Jakarta: Hari ini, SEAPUP 3 resmi diluncurkan. Liftboat milik PT Swadaya Sarana Berlian ini siap mendukung program pemerintah dalam meningkatkan produksi minyak dan gas nasional. 

"SEAPUP 3 merupakan hasil inovasi dan penyempurnaan yang terus kami lakukan berdasarkan pengalaman dalam mengoperasikan liftboat selama 25 tahun. Kami yakin dan percaya SEAPUP 3 dapat bekerja lebih aman dan efisien," kata Direktur Pemasaran PT Swadaya Sarana Berlian, Frederick Perwata, melalui keterangan tertulis, Senin, 22 Oktober 2018.

SEAPUP 3 berfungsi untuk mendukung pelayanan yang menyeluruh bagi eksplorasi migas lepas pantai. SEAPUP 3 diklaim dapat digunakan untuk melakukan aktivitas pra dan pascapengeboran yang lebih hemat biaya. SEAPUP 3 disebut platform cerdas yang bisa bermanuver layaknya sebuah kapal dengan mengunakan power sendiri. 

"SEAPUP 3 juga mampu menaikkan hull (lambung kapal) hingga ke atas permukaan air dan sejajar dengan platform offshore. Cara ini lebih aman dan lebih efisien," kata Perwata.

PT Swadaya Sarana Berlian adalah perusahaan pelayaran swasta dalam negeri yang memiliki dan mengoperasikan liftboat sejak 1993. Perusahaan ini juga merupakan pionir operator liftboat di Indonesia.

"Pada 1993 kami membangun dan mulai mengoperasikan unit pertama kami yang bernama MV SEAPUP. Sampai saat ini liftboat itu masih beroperasi di laut Jawa," katanya.

Pada 2016, PT Swadaya Sarana Berlian menambah satu liftboat bernama MV SEAPUP 2. Saat ini kapal tersebut juga sedang beroperasi untuk menunjang kegiatan migas di Indonesia.

"Melihat karakteristik wilayah Indonesia yang sebagian besar adalah perairan, kami menyadari akan pentingnya armada-armada kapal untuk mendukung operasi migas offshore," kata Perwata. 

Untuk itu, tahun ini (2018) PT Swadaya Sarana Berlian menambah satu unit liftboat, yakni MV SEAPUP 3. Kapal ini resmi beroperasi 22 Oktober 2018.




(UWA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id