Ilustrasi BBM solar. FOTO: dok MI.
Ilustrasi BBM solar. FOTO: dok MI.

Pertamina Pastikan Stok Solar Aman

Ekonomi pertamina Solar
Suci Sedya Utami • 18 November 2019 14:10
Jakarta: PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan solar subsidi di terminal bahan bakar minyak (TBBM) maupun di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) mencukupi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
 
VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan stok BBM solar dalam kondisi aman. Pertamina juga telah menambah sekitar 20 persen suplai solar untuk memastikan pemerataan penyaluran dan melakukan percepatan distribusi untuk pelayanan ke masyarakat yang lebih optimal.
 
"Masyarakat tidak perlu khawatir, Pertamina telah menambah suplai solar untuk ketersediaan yang lebih merata," kata Fajriyah dalam keterangan resminya, Senin, 18 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, imbuh Fajriyah, Pertamina berharap penyaluran BBM subsidi tepat sasaran. Sebab yang terjadi di lapangan hingga kini Solar masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang secara ekonomi tergolong mampu. Padahal sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, BBM tertentu termasuk Solar bersubsidi hanya diperuntukkan bagi industri rumah tangga, usaha mikro, usaha pertanian, usaha perikanan, transportasi dan pelayanan umum, termasuk juga kendaraan pribadi dengan kapasitas mesin atau CC yang kecil.
 
Fajriyah mengingatkan masyarakat golongan mampu agar menggunakan BBM nonsubsidi yang ketersediaannya memang lebih banyak, sehingga BBM subsidi dapat lebih dinikmati oleh penggunanya sesuai ketentuan.
 
BBM nonsubsidi di antaranya Dexlite atau Pertamina Dex sebagai pengganti solar dan pertalite, pertamax ataupun pertamax turbo sebagai pengganti premium. Selain jenis BBM tersebut lebih baik untuk keandalan dan keawetan mesin kendaraan, BBM tersebut juga tergolong lebih ramah lingkungan.
 
Sementara itu, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III memastikan pasokan biosolar di wilayah Priangan Timur, yakni Tasikmalaya, Pangandaran, Ciamis, Garut, dan Banjar.
 
Stok biosolar di TBBM Tasikmalaya yang memasok SPBU di wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran berada dalam kondisi aman. Demikian juga untuk pasokan SPBU di wilayah Garut yang berasal dari Fuel Terminal Bandung Group.
 
Pertamina melakukan pemantauan penyaluran solar dari TBBM hingga ke SPBU selama 24 jam, seiring dengan diaktifkannya Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) mulai 15 November 2019.
 
"Sampai hari ini pasokan BBM terutama untuk produk biosolar aman. Pada Sabtu 16 November, kami sudah meningkatkan penyaluran lebih dari 20 persen dari penyaluran Oktober," ujar Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami.
 
Dewi menambahkan bagi masyarakat pengguna bahan bakar diesel, Pertamina juga menyediakan varian BBM alternatif utk kendaraan bermesin diesel yakni Dexlite & Pertamina Dex yang tersedia di SPBU.
 
Di area Priangan Timur, terdapat 66 SPBU outlet Dexlite dan 30 SPBU outlet Pertamina Dex, salah satunya berada di SPBU 3446103 Jl. RM. Martadinata Cipedes Kota Tasikmalaya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif