Kontribusi e-commerce terhadap ekonomi digital di Indonesia diproyeksikan mencapai 50% pada 2025.
Kontribusi e-commerce terhadap ekonomi digital di Indonesia diproyeksikan mencapai 50% pada 2025.

Strategi Menghubungkan Brand dengan Distribusi Lokal Perkuat Transaksi Ekonomi Digital

Arif Wicaksono • 18 September 2025 09:02
Jakarta: Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar dengan perkiraan mencapai USD 360 miliar pada 2030. Kendati demikian, disparitas akses masih menjadi tantangan utama. 
 
Bagi banyak brand, keterpusatan distribusi di kota-kota besar, khususnya Jabodetabek, membuat biaya logistik lebih tinggi, sementara konsumen di daerah harus menanggung ongkos kirim dan durasi pengiriman yang panjang.
 

Kondisi tersebut membuat potensi pertumbuhan e-commerce di luar kota metropolitan belum sepenuhnya inklusif dan tergarap secara maksimal, padahal permintaan disinyalir terus meningkat, di mana kontribusi e-commerce terhadap ekonomi digital di Indonesia diproyeksikan mencapai 50% pada 2025.
 
Menjawab tantangan ini, Sirclo menghadirkan Multi-Origin Go-To-Market (MOGTM), sebuah strategi yang menghubungkan brand dengan distributor lokal guna memperluas jangkauan pasar secara lebih efisien sekaligus mendekatkan produk ke konsumen di berbagai wilayah. 

Chief Operating Officer, Sirclo, Danang Cahyono, menjelaskan  ekonomi digital Indonesia akan tumbuh berkelanjutan bila solusi yang dihadirkan sesuai dengan realitas negara kepulauan. 
 
“Oleh karena itu, melalui MOGTM, Sirclo menggandeng distributor lokal di luar Jabodetabek untuk mempercepat distribusi, membuka peluang baru di ekosistem online, sekaligus menjadi motor pertumbuhan ekonomi daerah.” tegas dia dikutip Rabu, 18 September 2025. 
 
Pertumbuhan e-commerce di luar Jawa terus menunjukkan tren positif. Data internal Sirclo mencatat, sepanjang 2024 jumlah transaksi dari luar Jawa meningkat hampir 9 kali lipat dibandingkan 2020, sementara jumlah konsumen tumbuh 8 kali lipat. 
 
Angka ini menegaskan masyarakat di berbagai daerah semakin aktif berbelanja online, sehingga kebutuhan distribusi yang lebih dekat, cepat, dan efisien menjadi semakin mendesak.
Di negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau, ongkos kirim yang mahal dan waktu pengiriman yang panjang sering menjadi hambatan utama. 
 
Melalui strategi MOGTM, Sirclo membantu brand memperluas penjualan online ke wilayah tier 2 dan 3 dengan memanfaatkan jaringan distributor lokal melalui ekosistem teknologi yang terintegrasi. Produk tidak hanya terpusat di gudang Jabodetabek, tetapi juga dialokasikan ke gudang distributor lokal di berbagai daerah.
 
Dengan pendekatan ini, pesanan dapat dipenuhi dari lokasi terdekat, sehingga ongkos kirim menurun, waktu pengiriman lebih singkat, dan konsumen di tier 2 dan 3 bisa merasakan pengalaman belanja digital yang lebih setara. Brands kini dapat menerapkan model MOGTM untuk menjangkau pasar yang sebelumnya sulit diakses.

Lonjakan pesanan bulanan 

Keberhasilan strategi MOGTM dalam mengintegrasikan brand, distributor, dan konsumen tercermin dari pengalaman DC Medika, distributor produk consumer health, yang mengalami lonjakan volume pesanan bulanan hingga 650 persen sejak Juli 2024. 
 
Pemilik DC Medika, Dzaki Fikri, berbagi pengalamannya dia menuturkan MOGTM Sirclo sangat membantu menjembatani penjualan dengan brand. 
 
“Sejak bergabung pada Juli 2024, kami mengalami peningkatan yang luar biasa, yaitu pertumbuhan penjualan tahunan sebanyak 8 kali lipat. Pertumbuhan ini juga memperluas jangkauan kami, tidak hanya di Jawa Tengah tetapi hingga Kalimantan, Sulawesi, NTT, dan NTB. Kami berharap ke depan area distribusi ini dapat semakin luas lagi.” tegas dia. 
 
Peningkatan serupa juga dialami oleh PT Barra Sehat Sentosa, distributor produk personal and family care, yaitu mencatatkan rata-rata peningkatan penjualan bulanan sebesar 34%. 
 
Lebih dari itu, jaringan distribusinya kini mencakup lebih dari 30 kota di Jawa, dengan kapasitas gudang yang juga meningkat dua kali lipat. Integrasi teknologi MOGTM membantu PT Barra Sehat Sentosa mengelola operasional secara lebih efisien, sekaligus membuka peluang pertumbuhan baru yang sebelumnya sulit dijangkau.
 
Pencapaian distributor seperti DC Medika dan PT Barra Sehat Sentosa menunjukkan bahwa solusi yang relevan di negara kepulauan, seperti MOGTM, berfungsi bukan hanya sebagai solusi logistik, tetapi juga sebagai model kolaborasi yang memperkuat peran setiap pihak dalam ekosistem e-commerce.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan