Webinar bertema Tips Digital: Instagram for Business. Foto: Tangkapan layar Zoom
Webinar bertema Tips Digital: Instagram for Business. Foto: Tangkapan layar Zoom

3 Tips Digital Memulai Bisnis Melalui Instagram

Medcom • 24 November 2022 21:40
Jakarta: Konsultan bisnis sekaligus praktisi literasi digital, Syarif Maulana, membagikan tiga tips memulai bisnis melalui media sosial Instagram. Tips ini dia bagikan saat menjadi narasumber dalam webinar bertema Tips Digital: Instagram for Business.
 
Syarif membahas pengembangan bisnis melalui Instagram ini ditinjau dari perspektif cakap digital. Adapun tips awal yang perlu diketahui untuk memulai bisnis menggunakan Instagram, yakni pertama, pahami terlebih dahulu market dan produk yang akan dijual. 
 
"Kedua, persiapkan foto dan video produk sebagai konten. Dan ketiga, siapkan logo dan username yang profesional," kata Syarif, Kamis, 24 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Webinar ini diselenggarakan atas kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Webinar ditujukan untuk kelompok masyarakat atau komunitas di wilayah Sumatra dan dihadiri lebih dari 1.300 orang.
 
Webinar juga menghadirkan narasumber antara lain Podcaster & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat, Rizki Nugroho; dan Ketua Prodi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta, Bayu Sutjiatmo.
 
Rizki Nugroho memperkaya pembahasan mengenai tips Instagram for business ditinjau dari perspektif etika digital. Tiga etika yang perlu kita lakukan setiap melakukan bisnis melalui Instagram, yakni pertama, hindari menggunakan konten produk milik orang lain. 
 
Kedua, selalu menyapa dan berkomunikasi dengan baik dan santun kepada konsumen. " Dan terakhir, tidak menjelek-jelekan produk lain dalam melakukan promosi atau memberikan penjelasan kepada konsumen," kata Rizki.
 
Bayu Sutjiatmo melengkapi pembahasan mengenai tips Instagram for business ditinjau dari perspektif keamanan digital. Dia juga membagikan tiga aktivitas sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan akun Instagram. 
 
Pertama, tidak sembarangan memberikan kode OTP kepada orang lain. Kedua, gunakan watermark setiap kali melakukan post konten. 
 
"Terakhir, selalu mengganti password secara berkala," ujar Bayu.
 
Baca: 4 Tips Membuat Konten Kreatif Berbasis Budaya Lokal
 
Kominfo bersama Siberkreasi telah memberikan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang melalui Program #MakinCakapDigital yang sudah diluncurkan sejak 2021. Program ini berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif