Berdasarkan hasil survei, Telkomsel menemukan platform e-commerce yang paling dipercaya oleh para pengusaha UMKM di Indonesia untuk aktivitas penjualan online mereka secara berturut-turut adalah:
- Tokopedia (76 persen).
- Shopee (75 persen).
- Lazada (19 persen).
- Bukalapak (18 persen).
- Blibli (14 persen).
Hasil riset tersebut juga menemukan platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (69 persen), Shopee (62 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (sembilan persen), dan Blibli (empat persen). Sedangkan untuk platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68 persen), Shopee (61 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (11 persen), dan Blibli (enam persen).
Di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47 persen), Shopee (45 persen), Lazada (lima persen), Bukalapak (dua persen), dan Blibli (nol persen).
Baca juga: Berkat Digitalisasi, Pelaku UMKM Mulai Bangkit dari Pandemi |
Digital ecosystem enabler
Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menjelaskan, sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel terus berupaya membuka peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat. Riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya."tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku e-commerce dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar," kata Alfian Manullang, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 3 Agustus 2022.
Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia, yang mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia, beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70 persen), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68 persen), layanan pusat resolusi yang baik (66 persen), fasilitas logistik yang memuaskan (70 persen), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70 persen), serta sistem pembayaran yang lengkap (73 persen).
Alfian mengungkapkan, riset ini berlangsung dari 10-24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel. Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek adalah sebanyak 60 persen, dari pulau Jawa non-Jabodetabek sebanyak 30 persen, dan dari luar pulau Jawa sebanyak 10 persen. Sedangkan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60 persen responden merupakan laki-laki dan 40 persen adalah perempuan.
tSurvey.id merupakan platform survei digital dari Telkomsel yang menawarkan solusi Data Solutions bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas. Kapabilitas platform tSurvey.id diperkaya dengan data insight telco dari lebih dari 170 juta pelanggan sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profiling yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, serta fitur manajemen survei yang user friendly.
tSurvey.id dapat membantu pelaku riset untuk menangkap berbagai insight dari pelanggan se-Indonesia, mulai dari aspek kebiasaan, opini, hingga persepsi responden terhadap sebuah produk secara tepat.
"Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform. Ke depannya, Telkomsel akan terus mengakselerasi pengembangan inovasi dan teknologi terdepan, serta membuka lebih banyak peluang kemajuan di industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data melalui tSurvey.id," pungkas Alfian.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News