Co-Founder & CEO Apiary Academy Jessica Casey Jaya dalam IPC 2024. Foto: Dok istimewa
Co-Founder & CEO Apiary Academy Jessica Casey Jaya dalam IPC 2024. Foto: Dok istimewa

Canggih! Pemanfaatan AI di Dunia Bisnis Semakin Meningkat

Eko Nordiansyah • 02 Oktober 2024 16:00
Jakarta: Tren penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pengembangan produk digital terus mengalami peningkatan, khususnya di sektor bisnis dan teknologi. Hal tersebut otomatis meningkatkan kebutuhan para profesional untuk memanfaatkan teknologi ini guna meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka.
 
Dari hasil survey McKinsey, 50 persen responden global sudah mengadopsi AI setidaknya di satu unit bisnis mereka pada 2022, meningkat dua kali lipat dari 2017. Mayoritas penggunaan AI ini difokuskan pada optimasi kegiatan operasional, perancangan produk baru, analisis layanan pelanggan, dan peningkatan kualitas produk.
 
"Kami berkomitmen untuk membawa industri ini ke level yang lebih tinggi dengan menyediakan platform yang mampu menjawab kebutuhan akan pengetahuan praktis tentang AI dan pengembangannya dalam produk digital," kata Co-Founder & CEO Apiary Academy Jessica Casey Jaya dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 2 Oktober 2024.

Apiary Academy menggelar Indonesia Product Conference (IPC) 2024 dengan tema “The Evolution of Product Management: Trends, Challenges and Opportunities to Develop and Grow Digital Products in 2024 and Beyond”. IPC 2024 dirancang untuk memberikan wawasan praktis dan strategi inovatif dalam mengintegrasikan AI.
 
Acara ini juga mewadahi para profesional dan product enthusiast untuk menciptakan produk yang lebih inovatif dan responsif. Tidak hanya itu, konferensi ini juga dirancang khusus untuk para profesional yang terlibat dalam pengembangan produk digital, mulai dari e-commerce, aplikasi perbankan digital, hingga software as a service (SaaS).
 
"IPC 2024 menjawab kebutuhan para profesional yang ingin memahami dan menerapkan AI dalam pengembangan produk mereka. Tahun ini, kami menghadirkan topik-topik yang lebih mendalam dan inovatif agar para peserta bisa membawa pulang wawasan dan strategi yang langsung dapat diterapkan dalam pekerjaan mereka," ungkapnya.
 
Baca juga: Ide Peluang Bisnis Batik yang Cuan

 
CEO dan Co-founder Lifepack Natali Ardianto mengatakan, penting bagi pemilik bisnis atau pengembang produk untuk tidak hanya berfokus pada tren terbaru, melainkan untuk berfokus pada pemecahan kebutuhan pasar yang sebenarnya. Hal penting lainnya untuk diperhatikan yaitu pemilihan waktu peluncuran produk dengan tepat.
 
"Jangan terlalu cepat atau terlalu lambat, bersikap fleksibel dan beradaptasi berdasarkan data dan feedback pelanggan, dan berpikir efektif (bukan hanya berpikir berbeda) sehingga inovasi yang digunakan akan meningkatkan pengalaman pelanggan," ungkapnya.
 
Apiary Academy juga berkolaborasi dengan Mixpanel, sebuah platform analitik yang merevolusi cara tim mengukur dampak penuh dari keputusan produk dan pemasaran mereka. Melalui kolaborasi ini, Mixpanel memoderasi sebuah panel untuk membahas strategi dalam memanfaatkan data pengguna untuk mengembangkan bisnis.
 
"Kami berharap IPC 2024 dapat menjadi katalisator  transformasi digital di bidangnya masing-masing. Kami berharap dari sesi yang dihadirkan, para peserta dapat menerapkan teknologi AI secara strategis, menciptakan inovasi yang berdampak, dan membawa produk mereka ke level yang lebih tinggi," tutup Jessica.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan