Melalui platform ini, pengguna bisa melihat pesanan, etalase barang yang dijual, riwayat belanja, berkomunikasi dengan penjual, mengatur alamat pengiriman, hingga proses pembayaran, semua dalam tab yang sama. Fitur ini memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mulus dan menyenangkan, yang mempersingkat alur belanja konsumen, membantu bisnis untuk berkembang, menginspirasi kreativitas, dan memaksimalkan kekuatan branding dalam platform TikTok.
"Kategori dan pilihan produk yang dijual di TikTok Shop Shopping Center juga sangat beragam, mulai dari peralatan kecantikan, pakaian wanita, makanan, hingga alat elektronik," ujar manajemen TikTok Ship, dikutip Senin, 31 Oktober 2022.
Data TikTok Shop menunjukkan performa beberapa kategori brand meningkat dengan kontribusi dari TikTok Shop Shopping Center. Periode minggu pertama Oktober 2022, pada kategori FMCG, salah satu merchant yang meraih penjualan tinggi adalah Nagoya Mart, yang mengalami peningkatan GMV di 3-10 Oktober mencapai 209,7 persen dengan kontribusi TikTok Shop Shopping Center sebesar 59,2 persen. Selain itu, dari kategori elektronik, merchant dengan penjualan tertinggi diraih oleh Royalstoregadget dengan peningkatan GMV sebesar 797 persen, dengan kontribusi Shopping Center sebesar 21,1 persen.
| Baca juga: Siap-siap! Tren Belanja Daring Naik di Akhir Tahun |
Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pengguna yang ingin berjualan lewat Shopping Center ini, seperti konsistensi dalam mengunggah video pendek dengan audio dan gambar yang menarik.
Ada juga metodologi yang dilakukan oleh semua brand dan merchant yang performanya paling cemerlang, yaitu memberikan harga yang bersaing dan meningkatkan ragam produk, misalnya penjual grosir dapat mendorong dan merekomendasikan lebih banyak produk yang dibutuhkan pengguna, seperti minyak goreng, bumbu, minuman bubuk dan produk susu yang paling laris.
Hal ini telah dipraktekkan oleh beberapa brand yang sudah bergabung di TikTok Shop Shopping Center seperti Bedola88 dan Oppo. Sebagai kontributor GMV teratas di bagian FMCG selama kampanye ini, Scarlett Whitening juga menerapkan strategi penjualan mereka yang menggabungkan harga kompetitif dengan strategi produk yang terfokus.
Kombinasi antara strategi produk yang terfokus juga menjadi kunci sukses bagi top performer lain, yaitu Nagoya Mart yang dikenal menjual grosir bahan makanan, telah berhasil menjadi salah satu toko terlaris di TikTok Shop. Strategi mereka adalah mendongkrak penjualan melalui fitur Shopping Center.
Memasuki momen belanja 11.11 yang akan segera tiba, TikTok Shop akan menawarkan berbagai promo menarik untuk produk Computer/IT, Communication technology, Consumer electronics (3C) yang dapat diakses di TikTok Shop Shopping Center.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News