Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Siap-siap! Tren Belanja Daring Naik di Akhir Tahun

Antara • 13 Oktober 2022 19:30

Jakarta: Tren belanja daring dari ponsel pintar diperkirakan akan terus meningkat menjelang libur akhir tahun di Indonesia. Prediksi tersebut terdapat dalam  laporan bertajuk "The 2022 Indonesia Holiday Shopping Guide" yang dirilis oleh InMobi.
 
Sebagai penyedia layanan konten hingga teknologi marketing digital di Tanah Air, InMobi melakukan survei kepada 1.009 pengguna di Indonesia untuk melihat kecenderungan tren belanja menjelang masa liburan.
 
"Masa liburan yang selalu identik dengan penjualan, konsumen di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berbelanja melalui mobile," ujar Managing Director Asia Pacific InMobi Rishi Bedi, dilansir Antara, Kamis, 13 Oktober 2022.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Watsons Indonesia Genjot Penjuala

Rishi menjelaskan brand dapat memanfaatkan strategi keterlibatan mobile-first secara proaktif menangkap pangsa pasar selama periode kompetitif ini.

Laporan juga mengungkapkan 77 persen responden memang sudah merencanakan untuk berbelanja di akhir tahun menggunakan ponsel pintar mereka. Bahkan, sebanyak 56 persen responden menaikkan anggaran belanjanya dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Dalam laporan itu juga disebutkan sebagai negara dengan adopsi e-commerce masif secara global, rupanya konsumen di Indonesia terbagi ke dalam tiga tipe dengan tipe paling banyak didominasi oleh Category Explorers sebesar 45 persen, disusul Bargain hunters sebesar 32 persen, dan brand lovers sebesar 23 persen.
 
Untuk category explorers artinya banyak konsumen Indonesia yang mengeksplor banyak produk dari banyak kategori dan tidak terbatas pada satu kategori ketika berbelanja.

 
Sementara untuk bargain hunters sesuai dengan namanya artinya konsumen memang memburu penawaran-penawaran menarik seperti buy get 1, diskon 50 persen, atau penawaran menarik lainnya.

 
Terakhir, konsumen Indonesia juga menyukai produk-produk dengan jenama yang sudah ternama dan mengincarnya untuk kemudian ditransaksikan di masa libur akhir tahun.
 
Menjelang dua bulan sebelum 2022 berakhir, potensi penjualan produk secara daring yang akan sukses di pasaran diperkirakan akan terjadi saat momen hari belanja 11.11 dan 12.12

 
Lalu terkait masalah pembayaran, pembayaran digital makin menjadi primadona karena lima dari 10 responden menyebutkan baru saja mencoba model pembayaran digital.


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan