Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Penyebab Akun DANA Dibekukan, Ciri, dan Cara Membukanya

Medcom • 26 Maret 2024 18:14
Jakarta: DANA adalah layanan keuangan digital yang berbasis di Jakarta, Indonesia, yang berperan sebagai pembayaran digital untuk menggantikan dompet konvensional.
 
Melansir laman DANA, berikut ciri-ciri akun DANA dibekukan:
  1. Akun DANA tidak bisa diakses.
  2. Transaksi ditolak terus menerus.
  3. Ada pemberitahuan di aplikasi ataupun e-mail tentang informasi bahwa akun DANA dibekukan.
  4. Muncul pemberitahuan terkait pelanggaran.
  5. Ada verifikasi tambahan.

Penyebab akun DANA dibekukan

  1. Jika akun DANA terblokir karena salah memasukkan kata sandi (PIN) hingga tiga kali berturut-turut, silakan menunggu dalam waktu 15 menit dan akun kamu akan aktif secara otomatis.
  2. Login di banyak device atau perangkat. Akun DANA harus berada di satu perangkat, jika terdeteksi pada dua perangkat akun akan dibekukan.
  3. Terdeteksi transaksi tidak wajar. Kegiatan terdeteksi sebagai spam atau pengiriman saldo terus menerus bisa menjadi indikasi transaksi tidak wajar dan mengklaim DANA dengan auto-click. 
  4. DANA yang tidak valid. Jika ditemukan verifikasi error atau tidak sesuai, akun bisa saja dibekukan.
  5. Pengguna mengadukan indikasi penipuan. Pengguna bisa mengadukan adanya penipuan yang dilakukan akun DANA lain, jika DANA sudah melakukan peninjauan dan terbukti, akun DANA akan dibekukan. 
  6. Memanfaatkan bug pada sistem DANA. DANA bisa saja mengalami bug dan pada saat seperti ini banyak yang memanfaatkan untuk keuntungan diri sendiri. Jika DANA menemukan akun yang berpotensi melakukan hal tersebut. DANA akan segera dibekukan.
 
Baca juga: Cara Berinvestasi Emas di DANA dan Keuntungannya
 

Berapa lama waktu akun DANA dibekukan


Lamanya akun DANA dibekukan tergantung dari pihak DANA dan lama akun yang dibekukan bervariasi mulai dari satu jam sampai 15-30 hari, sejak mendapat notifikasi tentang pembekuan akun melalui aplikasi DANA ataupun e-mail yang terhubung dengan aplikasi.
 
Cara membuka kembali akun DANA yang dibekukan

Bisa dilakukan beberapa cara untuk mengatasi akun DANA yang dibekukan.

Masuk kembali dengan PIN yang benar


Biasanya salah pin akan dibekukan selama satu jam, sebelum pembekuan permanen. Jika pembekuan akibat dari salah pin, coba login kembali dengan pin yang benar setelah satu jam dibekukan.
 
Pengguna juga bisa menggunakan fitur ‘Lupa Password’ jika memang tidak mengingat. Pihak DANA segera mengirimkan e-mail ataupun nomor HP yang tertaut dengan DANA untuk membuat pin baru.

Lapor ke DIANA (Asisten Digital DANA)


Pembekuan bisa laporkan ke Asisten Digital DANA (DIANA), bisa diakses selama 24 jam nonstop. DIANA dapat ditemukan pada aplikasi DANA, lalu ke ‘Pusat Resolusi’ dan klik ‘Saya’ dan selanjutkan pilih ‘Bantuan’, yang terakhir ‘Chat dengan DIANA’ agar bisa terhubung langsung serta menyampaikan keluhan seputar DANA.

Hubungi Call Center DANA


Selain DIANA, bisa juga menyampaikan keluhan DANA melalui 1500 445, email help@dana.id. Adapun media sosial DANA, untuk instagram @dana.id dan twitter @danawallet. Layanan yang diberikan DANA ini juga tersedia selama 24 jam.
 
Saat terhubung pihak DANA akan menanyai terkait akun pengguna sebelum akun tersebut dibekukan. Berikan informasi yang jelas dan benar agar proses berjalan dengan lancar dan cepat. (Tamara Sanny)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan