Dikutip dari laman Seller Tokopedia, Rabu, 17 April 2024, penyesuaian tersebut berlaku bagi seller dengan level keanggotaan Power Merchant, Power Merchant Pro. Tokopedia membebankan besaran biaya layanan yang harus dibayar seller mulai dari dua persen hingga 6,5 persen dari harga produk yang dijual.
Jika dilihat, penyesuaian biaya layanan ini juga telah dilakukan oleh sejumlah platform belanja online atau e-commerce. Selain Tokopedia, Shopee jugasudah lebih dulu melakukan penyesuaian biaya layanan.
Di penghujung tahun lalu, Shopee telah menaikan biaya admin penjual di lapaknya atau seller. Mengutip dari laman resmi Shopee, kenaikan admin itu akan berlakuuntuk penjual kategori Non-Star atau Star+ dengan besaran mulai dari 3,5 persen hingga 8,5 persen.
Lazada pun menyusul dengan mengumumkan kenaikkan di pertengahan Desember tahun lalu. Adapun kenaikan biaya layanan yang dikenakan oleh Lazada bervariasi mulai 3,5 persen sampai dengan enam persen.
Baca juga: Perlu Aturan Baru Biar Integrasi TikTok-Tokopedia Punya Standar yang Jelas |
Detail perbandingan penyesuaian biaya layanan Tokopedia, Shopee dan Lazada
Tokopedia mengkategorikan produk ke dalam lima grup dengan rincian biaya layanan sebagai berikut:
Kategori Grup A: 6,5%Kategori Grup B: 5,5%
Kategori Grup C: 4%
Kategori Grup D: 3,1%
Kategori Grup E: 2%
Shopee mengenakan kenaikan biaya admin penjual level Star dan Star + sebagai berikut:
Kategori A: 6,5%Kategori B: 5,5%
Kategori C: 5,5%
Kategori D: 4%
Kategori E: 4%
Sementara Lazada mengenakan kenaikan biaya admin penjual menjadi:
Kategori A: 6%Kategori B: 5%
Kategori C: 5%
Kategori D: 3,5%
Kategori E: 3,5%
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id