Transaksi paylater. Foto: Medcom.id.
Transaksi paylater. Foto: Medcom.id.

Pengguna Paylater Melonjak, Ternyata Jenis Ini Paling Banyak Diburu

Arif Wicaksono • 12 April 2023 12:46
Jakarta: Bulan Ramadan menjadi tradisi bagi masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan baik untuk diri sendiri maupun untuk berbagi dengan sanak saudara. Tren berbelanja Ramadan pun akan terus meningkat jelang Lebaran. Tren ini menyebabkan peningkatan penggunaan paylater oleh masyarakat, tidak hanya terjadi di merchant online maupun e-commerce, tetapi juga berbagai gerai offline yang telah terintegrasi dengan Kredivo.
 
Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan total nilai transaksi Kredivo sebanyak 14 persen selama dua minggu pertama Ramadan 2023 dibandingkan dua minggu sebelum Ramadan. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga Lebaran 2023. VP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari mengatakan, tahun ini menjadi tahun pertama Ramadan tanpa PPKM setelah tiga tahun.
 
baca juga: Hati-Hati! Kecanduan Paylater Bisa Bikin Generasi Muda Sulit Punya Rumah

"Sehingga kami optimistis tren belanja masyarakat selama Ramadan tahun ini akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," jelas dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 12 April 2023.
 
Selama Ramadan 2022 lalu, nilai transaksi Paylater Kredivo tercatat mengalami kenaikan hingga 55 persen, sedangkan jumlah transaksi meningkat 31 persen dibandingkan Ramadan 2021. Hal tersebut menandakan sinyal positif daya beli masyarakat yang terus membaik di masa transisi menuju endemi.

Lantas, bagaimana tren belanja masyarakat dalam penggunaan paylater Kredivo di Ramadan 2023? Berikut beberapa datanya:

Masyarakat gemar belanja produk untuk mempercantik rumah


Kategori produk home & living sebagai kategori produk dengan transaksi tertinggi selama dua minggu Ramadan 2023, dengan kenaikan nilai transaksi mencapai 21 persen dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.
 
Hal ini menandakan bahwa tren mempercantik rumah kerap dilakukan masyarakat selama Ramadan, dengan tren peningkatan transaksi di kategori produk home & living yang cenderung semakin naik jelang Lebaran.

Transaksi gadget & electronics cenderung terus alami kenaikan

Tren transaksi di kategori gadget & electronics diprediksi terus meningkat pada dua sampai satu minggu menjelang Lebaran yang mulai terlihat dari beberapa tahun terakhir.  Hal ini didorong oleh kebutuhan masyarakat akan gadget yang semakin meningkat seiring dengan hadirnya metode belajar dan kerja secara online atau hybrid, serta Tunjangan Hari Raya yang biasanya cair pada dua minggu menjelang Lebaran.
 
Di dua minggu Ramadan 2023 ini jumlah transaksi kategori itu meningkat hingga 14 persen dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.

Kategori travel meningkat di minggu 1 dan 2 Ramadan

Dia mengatakan gencarnya antusiasme masyarakat yang kembali diperbolehkan untuk melakukan mudik tahun ini, masyarakat sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan perjalanannya dengan membeli tiket dan akomodasi untuk mudik. Hal ini terlihat dari lonjakan transaksi di kategori travel yang tercatat hingga minggu kedua Ramadan ini, telah terjadi kenaikan nilai transaksi sebesar 12 persen pada produk kategori travel jika dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan.
 
"Tingginya kebutuhan masyarakat akan metode pembayaran alternatif seperti paylater yang menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi, membuat tren penggunaan paylater turut mengalami kenaikan selama periode Ramadan dan menjelang Lebaran. Fleksibilitas yang ditawarkan ini membantu masyarakat untuk mengatur cash flow-nya. Kami optimistis hadirnya paylater dapat terus menjaga daya beli masyarakat dan menyukseskan momentum pemulihan ekonomi nasional, di antaranya melalui momentum Ramadan dan Lebaran 2023 ini," tutup Indina.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan