Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa kendala yang paling banyak dihadapi oleh 15 ribu unit usaha e-commerce atau 37,65 persen yang disurvei adalah kurangnya permintaan barang dan jasa. Kendala lainnya adalah kurangnya sumber daya manusia yang terampil.
Padahal, data We Are Social menyebut bahwa jumlah orang yang belanja secara daring (online) meningkat 12,8 persen menjadi 178,9 juta orang pada 2022 dari tahun sebelumnya. Artinya animo masyarakat untuk belanja online masih sangat tinggi dan potensi pasar masih sangat besar.
Senior VP of Seller Sales Operations and Development Blibli, Geoffrey L Darmawan mengatakan, Blibli berkomitmen untuk memfasilitasi seller di platform-nya untuk terus mengembangkan bisnis mereka dengan menawarkan rangkaian edukasi rutin.
"Edukasi rutin baik secara online dan offline, dengan harapan pelatihan ini dapat membantu rekan-rekan seller memperluas pasarnya juga memperbanyak transaksi," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin, 20 Maret 2023.
Blibli mengadakan Workshop Blibli Seller secara berkala untuk mendapatkan berbagai macam dukungan bisnis hingga berdaya dalam meningkatkan usahanya. Workshop ini menyediakan materi yang komprehensif dan disesuaikan dengan topik-topik relevan.
Pelatihan bisnis bagi seller
Geoffrey mengungkapkan, di tengah menjamurnya seller di platform daring yang ingin meningkatkan penjualan, informasi soal cara mengembangkan bisnis dan latihan praktik langsung masih sangat terbatas sehingga perlu difasilitasi."Untuk itu Blibli memberikan dukungan dengan kelas edukasi ini. Seller juga bisa langsung mempraktikkan ilmu baru yang mereka dapatkan difasilitasi narasumber yang kompeten," ungkapnya.
Baca juga: Jelang Ramadan, E-Commerce Mana yang Paling Unggul? |
Tahun ini, Workshop Blibli Seller diadakan di tiga kota besar, yakni Semarang, Surabaya, dan Jakarta, setelah sebelumnya diadakan pertama kali di Bandung pada Desember 2022. Workshop di Semarang juga telah diadakan pada Februari 2023.
Pada workshop ini, Blibli mengundang CEO Skena Wahana Kreatif Iksan Bangsawan sebagai narasumber yang membawakan materi tentang cara mengoptimalkan media sosial untuk mendorong peningkatan traf??fic penjualan.
"Workshop ini dapat membantu para seller meningkatkan usahanya. Selain itu, harapannya tidak berhenti di sini, namun bisa juga mengajak para seller lain, sehingga dampaknya dapat dirasakan secara lebih luas," kata Iksan.
Salah satu penjual produk olahraga di Blibli, Kartika mengatakan, kesempatan mengikuti workshop bermanfaat untuk meningkatkan kapabilitas dalam memaksimalkan usahanya. Ia berharap program ini bisa terus dilanjutkan.
"Kegiatan ini membantu banyak hal dari sisi pemasaran dan program seperti ini terus dilanjutkan. Harapannya setelah ini kami dapat terus meningkatkan penjualan," ujar Kartika.?
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News