Illustrasi. Medcom/Annisa Ayu.
Illustrasi. Medcom/Annisa Ayu.

Takut Dicaplok Operator Lain, Indosat Bebenah Keuangan

Ekonomi indosat
Annisa ayu artanti • 02 Mei 2019 20:47
Jakarta: PT Indosat Tbk (ISAT) akan memperbaiki kinerja keuangan perseroan sebelum melakukan konsolidasi antar operator seperti yang diminta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.
 
Rudiantara mengatakan jumlah operator selular di Indonesia masih sangat banyak dan perlu ada konsolidasi supaya industri telekomunikasi Indonesia lebih efisien.
 
Saat ini tercatat ada enam operator seluler di Indonesia, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, Hutchison 3 Indonesia (Tri), dan Sampoerna Telekomunikasi Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indosat sendiri kita sekarang ini, dari awal 2018, saya fokus untuk bagaimana mengembangkan untuk menaikan revenue, EBITDA itu semua harus bagus sebelum kita memikirkan soal konsolidasi," jelas Direktur Utama Indosat Chris saat public expose di Kantor Pusat Indosat, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.
 
Chris menuturkan pembenahan keuangan perseroan sangat diperlukan supaya perusahaan tidak dicaplok operator lain. Selain itu, konsolidasi baru akan dilakukan jika peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah sudah benar-benar jelas.
 
"Tentu nomor satu peraturannya. Setelah itu saya harus bagus dulu kalau enggak saya yang dicaplok," ucap dia.
 
Mengutip ikhtisar keuangan perseroan tahun buku 2018, perusahaan berkode emiten ISAT ini merugi Rp2,4 triliun. Rugi tersebut lantaran pendapatan operasional yang menurun menjadi Rp23,14 triliun atau 22,7 persen dibandingkan capaian 2017 yang sebesar Rp29,92 triliun.
 
Laba bersih sebelum pajak atau EBITDA tahun 2018 juga turun menjadi Rp6,5 triliun, atau 49,19 persen dibandingkan dengan 2017 yang mencapai Rp12,76 triliun.
 
Pada pemaparannya, Chris juga menjelaskan, salah satu alasan pendapatan operasional perseroan turun lantaran kebijakan pemerintah yang membatasi satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) hanya boleh memiliki tiga nomor selular.
 
"Yang memang berdampak besar adalah ketentuan pemerintah yang membatasi jumlah pelanggan itu per NIK itu cuma boleh tiga," ungkap dia.
 
Chris menambahkan Indosat tetap terbuka dengan upaya konsolidasi antara operator seluler. Beberapa operator selular sudah diajak berkomunikasi mengenai upaya tersebut. Namun Chris belum mau bicara gamblang, begitu juga kabar mengenai pembicarannya dengan Hutchison 3 Indonesia (Tri).
 
"Tidak ada pembicaraan," tukas dia.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif