Kapal Api dan Sosro Didorong Lepas Saham
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)
Surakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mendorong perusahaan besar seperti PT Sinar Sosro yaitu produsen teh kemasan dan PT Kapal Api Global yang merupakan perusahaan kopi nasional untuk melantai di pasar modal Indonesia. Aksi korporasi itu diharapkan pula mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih baik lagi.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo berharap kedua perusahaan itu melantai di pasar modal karena keduanya sebelumnya sudah dibicarakan oleh pihak BEI. "Kita ingin nama-nama itu bisa melenggang di bursa," kata Laksono Widodo, di Surakarta, Jawa Tengah, Jumat, 16 November 2018.

Bahkan, ia menginginkan, Sosro dan Kapal Api dapat melepas saham ke publik dengan persentase yang lebih besar. "Tidak hanya dengan free float yang kecil tapi juga dengan free float yang signifikan. Supaya investor terbagi dengan baik," imbuh dia.

Di sisi lain, bursa juga berharap jumlah emiten terus bertambah. Dari awal 2018 hingga sekarang jumlah perusahaan yang sudah melantai di bursa mencapai sebanyak 55 perusahaan. Angka ini jauh dari target yang ditetapkan BEI sebanyak 35 perusahaan.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi menambahkan tahun depan BEI menargetkan dapat menjaring 35 perusahaan menjadi emiten di bursa Indonesia. Adapun adanya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), ia meyakini, tidak akan memengaruhi kondisi pasar.

"Untuk tahun depan itu kita tidak mengurangi target yang sekarang. Tetap 35. Meski ada Pilpres kita tetap optimistis tetap 35. Tapi harapan kita lebih di atas itu," pungkas Inarno.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id