ilustrasi rokok sampoerna. FOTO ANTARA/Str-fahma putri
ilustrasi rokok sampoerna. FOTO ANTARA/Str-fahma putri

Right Issue HM Sampoerna Tidak Ditawarkan ke AS

Ekonomi sampoerna
Dian Ihsan Siregar • 21 September 2015 18:08
medcom.id, Jakarta: Emiten produsen rokok, PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) mengakui, rencana Penawaran Umum Terbatas (PUT) dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue akan diubah. Right issue ini tidak ditawarkan atau dijual ke Amerika Serikat (AS).
 
"Kami sampaikan bukan didistribukan langsung atau tidak langsung ke AS dan buka penawaran untuk penjualan saham atau hak atas efek di AS," kata Sekretaris Perusahaan HMSP, Ike Andriani, seperti mengutip keterbukaan informasi di BEI, Jakarta, Senin (21/9/2015).
 
Menurut dia, saham (efek) ini tidak didaftarkan dan tidak akan didaftarkan berdasarkan Securities Act 1933 sebagaimana dirubah (Securties Act) tidak dapat didaftarkan atau dijual di AS.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


‎"Hal itu bisa terjadi kecuali didaftarkan atau mendapatkan pengecualian dari kewajiban pendaftaran berdasarkan Securities Act," jelas dia.
 
Sebagaimana diketahui, right issue yang dijalankan perseroan guna memenuhi persyaratan pencatatan, di mana jumlah saham yang dimiliki oleh pemegang saham bukan pengendali dan bukan pemegang saham utama paling sedikit 50 juta saham atau 7,5 persen dari jumlah saham dalam modal disetor.
 
Pada awalnya perseroan menawarkan saham di harga Rp63 ribu-Rp99 ribu. Tapi, rentang harganya diperkecil menjadi Rp65 ribu-Rp77 ribu per saham. HMSP sendiri akan menerbitkan sebanyak 269,72 juta saham baru. Artinya, dana segar yang didapatkan dari right issue sebanyak Rp17,4 triliun-Rp20,61 triliun.
 
Penerbitan saham baru ‎ini setara 5,8 persen modal ditempatkan dan disetor oleh penuh perseroan. Karena hal ini saham Philip Morris Indonesia (PMI) menjadi 92,38 persen. Lalu saham publik akan menjadi 7,62 persen.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif