Bekraf Dorong <i>Startup</i> untuk Melantai di Bursa
Bekraf mendorong banyak startup untuk melantai di Bursa - - Foto: Medcom.id/ Nia Deviyana
Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong banyak startup untuk melakukan Initial Public Offering (IPO) atau mencatatkan saham perdananya di bursa. Sedikitnya baru tiga perusahaan startup yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia, yaitu PT Kioson Komersial Indonesia, PT Mcash Integrasi Tbk, dan PT Yelooo Integra Datanet. 

"Kita ingin sempurnakan ekosistem startup di Indonesia dan memberikan jalur permodalan bagi startup di Indonesia yang bermuara di pasar modal," ujar Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif Fadjar Hutomo di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.

Menurut Fadjar, startup membutuhkan permodalan mulai dari fase ide, tahap awal (early stage), berkembang (growth), hingga menjadi perusahaan yang berhasil (mature). Pada fase ide, modal bisa berasal dari angel investor atau pemerintah. Selanjutnya, startup akan mendapatkan dana dari investor, venture capital, hingga pasar modal.

"Di bursa sendiri sudah menyediakan tiga papan khusus startup mulai dari utama, sekunder, dan akselerasi. Ketika bicara startup yang mau melantai di bursa, harus mulai dari hulunya," papar Fadjar.

Pada kesempatan yang sama, Fadjar optimistis Go Startup Indonesia (GSI) Scale Con 2018 yang digelar pada 3 Desember 2018 bisa membantu mewujudkan hal itu. Platform yang dihadirkan Bekraf bersama Mandiri Capital Indonesia ini akan mensinergikan berbagai pihak yang terlibat dalam ekosistem startup.

"GSI Scale Con merupakan salah satu kegiatan di bawah GostartupIndonesia dalam upaya membangun ekosistem melalui pemberdayaan Universitas, Inkubator, Akselerator, dan Coworking Space dalam menciptakan ekosistem yang kondusif untuk tumbuh kembang startup," pungkas Fadjar.




(Des)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id