Cari Modal

Ciputra Development Private Placement Rp2,2 Triliun

Rizkie Fauzian 05 Juni 2018 07:13 WIB
ciputra property
Ciputra Development <i>Private Placement</i> Rp2,2 Triliun
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)
Jakarta: PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berencana melakukan penambahan modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau private placement sebesar Rp2,2 triliun. Jika tidak ada hambatan CTRA bakal melepas maksimal 1,85 miliar saham yang diterbitkan dan memiliki harga sekurang-kurangnya Rp1.191,40 per saham.

"Itu opsi yang kita pakai karena kita tidak menawarkan secara besar, karena memang terbatas hanya 10 persen. Kita juga melihat ini sebagai sarana meningkatkan saham," kata Direktur Independen Ciputra Tulus Santosa, di Jakarta, Senin, 4 Juni 2018.

Selain menjadi sarana meningkatkan saham, Tulus mengungkapkan, rencana tersebut juga dapat memperkuat struktur permodalan CTRA dalam rangka pengembangan usaha. "Oleh karena itu kami pilih penambahan modal tanpa HMETD karena prosesnya lebih cepat. Tapi ini sifatnya masih antisipatif apabila dibutuhkan," ungkap Tulus.

Dana tersebut juga akan digunakan untuk penurunan liabilitas, investasi, serta pemberian pinjaman ke anak usaha. Selain itu, lanjutnya, juga meningkatkan likuiditas perdagangan saham CTRA dengan bertambahnya jumlah saham yang beredar.

Private placement tersebut akan dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu dua tahun terhitung sejak persetujuan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada 4 Juni 2018.

 



(ABD)