Gubernur Anies Baswedan. Medcom/Dheri A.
Gubernur Anies Baswedan. Medcom/Dheri A.

Pemprov DKI Masih Kaji Penerbitan Obligasi Daerah

Ekonomi pemprov dki obligasi
Nia Deviyana • 02 Januari 2019 18:32
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang melakukan kajian untuk menerbitkan obligasi daerah atau municipal bond untuk membiayai pembangunan infrastruktur jangka panjang. Namun, Gubernur Anies Baswedan tidak mau terburu-buru mengambil keputusan.
 
"Jangan buru-buru. Sedang dalam kajian apakah kita akan mengambil itu atau tidak," ujar Anies di kompleks perkantoran Bank Indonesia, Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Pasalnya, kata Mantan Menteri Pendidikan itu, Sisa Lebih Penggunaan Anggaran atau Silpa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) selama ini masih cukup tinggi. Sehingga ada pertimbangan untuk dialokasikan pada pembangunan jangka panjang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama ini pemerintah daerah di mana-mana, APBD dihabiskan setiap tahun. Padahal sebenarnya bisa dialokasikan untuk development financing," papar dia.
 
Municipal bond, lanjut Anies, merupakan opsi yang baik apabila daerah tidak memiliki anggaran. Namun, jika municipal bond jadi diterbitkan, Anies mengatakan Pemprov akan membentuk lembaga baru. "Semoga di akhir semester satu kita sudah punya kesimpulan," bebernya.
 
Anies berharap opsi manapun nantinya yang terpilih, baik municipal bond atau Silpa ke depannya bisa menjadi tabungan khusus bagi pembangunan di DKI.
 
"Pembangunan-pembangunan lintas tahun seperti MRT dan LRT, kalau bisa kita siapkan kantong khusus maka kita enggak perlu cari anggaran setiap tahun, karena sudah disiapkan kendaraannya," pungkasnya.
 
Serapan APBD DKI masih kurang dari target pada 2018. Berdasarkan situs publik.bapedadki.net, Silpa 2018 mencapai Rp9,7 triliun dari total APBD 2018 senilai Rp83,26 triliun. Pada 2017, nilai Silpa DKI mencapai Rp13,11 triliun dari total APBD senilai Rp61,82 triliun.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi