Ilustrasi. FOTO : IST.
Ilustrasi. FOTO : IST.

Hingga Kuartal III-2019, Laba Matahari Turun 20,65%

Ekonomi matahari department store
Annisa ayu artanti • 29 Oktober 2019 20:03
Jakarta: PT Matahari Departement Store Tbk membukukan laba bersih sebesar Rp1,19 triliun. Angka tersebut turun 20,65 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp1,5 triliun.
 
Mengutip laporan keuangan perusahaan, Selasa, 29 Oktober 2019, penurunan laba bersih tersebut disebabkan oleh capaian pendapatan yang cenderung stagnan dan kenaikan beban pokok yang berasal dari beban operasional dan beban keuangan.
 
Tercatat, pendapatan perusahaan selama sembilan bulan pertama tahun ini sebesar Rp7,8 triliun, atau tumbuh tipis dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp7,7 triliun. Penjualan kotor perusahaan juga hanya tercatat Rp13,8 triliun, tumbuh 1,5 persen dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp13,6 triliun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada periode ini, emiten dengan kode LPPF ini mencatatkan same store sales growth (SSSG) sebesar 0,5 persen, sangat jauh dari capaian sembilan bulan pertama di tahun lalu yang mencapai 4,4 persen.
 
Dalam keterangan tertulisnya, CEO dan Wakil Presiden Direktur Richard Gibson menjelaskan tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini adalah lingkungan ritel yang lebih kompetitif. Oleh karena itu, perusahaan melakukan berbagai upaya untuk menyeimbangi kondisi tersebut.
 
"Meskipun terdapat lingkungan ritel yang kompetitif, kami mampu mencapai pertumbuhan penjualan yang positif. Basis pelanggan loyalitas aktif kami, yang kini berjumlah 7,9 juta, telah tumbuh lebih dari 15 persen dari periode yang sama tahun lalu, yang kami yakini merupakan bukti kekuatan kami yang secara konsisten memberikan nilai yang luar biasa," ucap Richard.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif