Asisten Vice President Marketing TM Podomoro Ho Mely Surjani. (Foto: dokumentasi TM Podomoro)
Asisten Vice President Marketing TM Podomoro Ho Mely Surjani. (Foto: dokumentasi TM Podomoro)

2017, TM Podomoro Rambah E-Commerce

Ade Hapsari Lestarini • 24 Desember 2016 14:59
medcom.id, Jakarta: Agung Podomoro Grup terus mengusung inovasi baru agar dapat bersaing di 2017. Salah satu strateginya yakni mengembangkan e-commerce. Trade Mall (TM) Agung Podomoro melengkapi unit bisnis trade mall dengan membuat e-commerce berbasis tenant yang tergabung didalam payung TM Agung Podomoro.
 
"E-commerce ini tidak menjual barang milik sendiri seperti e-commerce yang sudah ada, tetapi akan menjajakan barang dagangan yang dimiliki tenant-tenant di TM Podomoro. Nantinya mereka juga berdagang secara online," ujar Asisten Vice President Marketing TM Podomoro Ho Mely Surjani, dalam siaran persnya, di Jakarta, Sabtu (24/12/2016).
 
Dia mengatakan, saat ini ada 30.000 tenant yang tergabung di 10 trade mall yang dimiliki TM Podomoro. Untuk tahap awal, e-commerce ini akan ditawarkan pada tenant-tenant yang ada di tiga trade mall di Jakarta yakni TM LTC Glodok, TM Kenari Mas, dan TM Harco Glodok.

"E-commerce ini akan menjual peralatan dan barang-barang elektronik, dan nantinya akan berkembang ke yang lebih spesifik seperti batik atau pakaian muslim," tambah Ho Mely Surjani.
 
Dia berharap, sekitar 1.000 tenant akan bergabung di tahap awal pendirian start-up, yang rencananya akan di launching pada semester dua 2017. Untuk memuluskan program ini, perseroan menggaet konsultan IT dan pakar e-commerce Ken Dean Lawadinata.
 
Mely menambahkan, trade mall berbasis pada kumpulan kios-kios usaha kecil menengah (UKM) ini menawarkan berbagai macam kualitas barang. Sehingga, kehadiran e-commerce ini diharapkan akan semakin memperluas pangsa pasar UKM dari para tenant TM Podomoro.
 
"Untuk sukses berbisnis online, pedagang juga harus punya sarana offline (outlet). Kalau sudah punya sarana offline, maka bisnis online akan lebih mudah dijalankan," papar Mely.
 
Menurutnya, TM Podomoro kini tidak hanya ramai dikunjungi para pembeli dari Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia, melainkan juga wisatawan dari lima benua. Trade mall Blok B Tanah Abang kini telah menjadi tujuan wisata belanja manca negara ke Jakarta, seperti dari Tiongkok, Afrika, dan negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Qatar, dan Dubai.
 
"Blusukan Presiden Jokowi dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada September lalu, telah meningkatkan awareness masyarakat kalau TM Blok B Tanah Abang itu pusat grosir terbesar di Asia Tenggara," ujar dia.
 
Dia menyebut, TM Podomoro yang dikunjungi 30.000-150.000 pengunjung setiap hari ini juga melaksanakan sejumlah program edukasi seperti workshop pelaporan pajak (tax amnesty) dan pendidikan kewirausahaan bagi anak dan keluarga para tenant.
 
"Ada kecenderungan anak-anak sekarang lebih suka menjadi karyawan daripada meneruskan usaha yang telah dirintis orangtua. Kami melakukan pelatihan kesadaran berwirausaha kepada anak-anak muda yang berjiwa entrepreneur termasuk anak-anak dan pegawai tenant," pungkas Ho Mely Surjani.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan