Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

Minim Sentimen, IHSG Diramal Cenderung Melemah

Ekonomi ihsg
Annisa ayu artanti • 22 Januari 2020 08:29
Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan IHSG (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi terkonsolidasi dan cenderung melemah karena minimnya sentimen positif. Meski demikian tetap ada harapan agar katalis positif bisa segera berdatangan guna memperkuat gerak IHSG di zona hijau.
 
Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan kondisi kawasan menjadi salah satu penyebab IHSG bergerak di zona merah. Adapun bursa saham di Asia ditutup merah akibat memburuknya kondisi Hong Kong sehingga membuat pejabat tinggi menetapkan undang-undang keamanan baru.
 
Selain itu, di Tiongkok kekhawatiran berkembang tentang virus mematikan sedikit menghambat aktivitas bisnis. Sementara di dalam negeri, kepercayaan investor menurun karena polemik pada pasar modal Indonesia mengenai DPR yang membuka peluang fungsi OJK dikembalikan lagi pada Bank Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, memprioritaskan pembahasan atas permasalahan Jiwasraya, Bumiputera, ASABRI, Taspen, dan Bank Muamalat Indonesia menjadi salah satu faktor terkonsolidasinya IHSG. Lanjar mencatat investor asing melakukan aksi jual bersih sebesar Rp442,99 miliar pada pasar reguler dan aksi beli bersih Rp663,80 miliar pada pasar negosiasi.
 
"Kami perkirakan IHSG masih akan rawan bergerak terkonsolidasi melihat minimnya katalis dengan support resistance 6.196-6.268," sebut Lanjar, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 22 Januari 2019.
 
Menurut Lanjar pada perdagangan hari ini investor akan mengamati perkembangan munculnya penyakit di Tiongkok yang berhasil membangkitkan kenangan tentang wabah SARS 17 tahun yang lalu. Sedangkan dari dalam negeri investor masih akan tertuju pada kekondusifan polemik kekhawatiran investor terhadap pasar modal dalam negeri.
 
Adapun beberapa saham yang bisa diperhatikan investor hari ini adalah PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Barito Pacific (BRPT), dan PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI).
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif