Ilustrasi petani tengah memantau benih di sawah - - Foto: dok Kemenkeu
Ilustrasi petani tengah memantau benih di sawah - - Foto: dok Kemenkeu

Produksi Beras Surplus, Tak Ada Impor dalam 3 Tahun

Ekonomi pertanian Beras Petani Stok Beras ombudsman Panen Raya Impor Beras
Media Indonesia.com • 17 April 2022 09:15
Sragen: Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika memberikan acungan jempol produksi beras yang surplus sehingga tidak ada impor beras umum dalam 3 tahun terakhir. Keberhasilan produksi beras ini terjadi di masa pandemi covid-19 dan perubahan iklim yang ekstrem. 
 
"Kita seiya sekata, produksi beras surplus, tidak ada impor dan masuk akal, riil di lapangan," kata Yeka dalam kegiatan monitoring di Kabupaten Sragen, dikutip Minggu, 17 April 2022.
 
Meski produksi beras surplus masih ada pekerjaan rumah bagi Kementerian Pertanian, khususnya dalam memberikan pelayanan publik kepada petani. Yeka pun memberikan apresiasi terhadap bantuan penggilingan padi atau Rice Milling Unit (RMU) yang digelontorkan Kementan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan adanya bantuan RMU, petani bisa menjalankan bisnis penyediaan beras dalam jumlah besar, yang awalnya dirasa kapasitas RMU bantuan besar, tapi sekarang malah maunya ditingkatkan," imbuh Yeka. 
 
Perlu diketahui, data BPS mencatat sejak 2019 hingga hari ini Indonesia tidak melakukan impor beras umum alias tidak ada impor beras Bulog. Setiap tahun produksi beras surplus lebih tinggi dari kebutuhan konsumsinya, pada 2019 surplus beras 2,38 juta ton, 2020 surplus 2,13 juta ton dan 2021 surplus 1,31 juta ton.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif