Lampung: Dalam meriahkan puncak Peringatan Hari Pelanggan Nasional 2024, PT Hutama Karya (Persero) menggelar talkshow edukatif dan hiburan rakyat di Rest Area 234 A Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan dibuka untuk umum.
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kampanye Selamat Sampai Tujuan (SETUJU) Hutama Karya, yang dihadiri oleh ratusan peserta berasal dari sejumlah komunitas mobil seperti Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) dan Calya Sigra Club (Calsic); asosiasi yakni Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Express Indonesia (Asperindo), Organisasi Angkutan Darat (Organda), hingga pengguna jalan tol di wilayah Lampung dan Palembang.
Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan selain wujud apresiasi Hutama Karya kepada pengguna jalan tol yang lebih memilih jalan tol sebagai alternatif jalan nasional, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan akan pentingnya keselamatan berkendara dengan cara yang lebih interaktif, dilengkapi dengan komitmen Hutama Karya dalam mewujudkan Jalan Tol Trans Sumatra yang aman dan nyaman.
Ditegaskan Adjib bahwa kampanye SETUJU Hutama Karya dalam lima tahun terakhir berdampak langsung pada penurunan tingkat kecelakaan di jalan tol yang signifikan.
"Kami berharap melalui acara ini, para komunitas hingga asosiasi dapat menjadi perpanjangan tangan perusahaan dalam menyebarkan pesan-pesan Kampanye SETUJU kepada anggota masing-masing hingga masyarakat," imbuh Adjib dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu, 7 September 2024.
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kampanye Selamat Sampai Tujuan (SETUJU) Hutama Karya, yang dihadiri oleh ratusan peserta berasal dari sejumlah komunitas mobil seperti Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) dan Calya Sigra Club (Calsic); asosiasi yakni Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Express Indonesia (Asperindo), Organisasi Angkutan Darat (Organda), hingga pengguna jalan tol di wilayah Lampung dan Palembang.
Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan selain wujud apresiasi Hutama Karya kepada pengguna jalan tol yang lebih memilih jalan tol sebagai alternatif jalan nasional, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan akan pentingnya keselamatan berkendara dengan cara yang lebih interaktif, dilengkapi dengan komitmen Hutama Karya dalam mewujudkan Jalan Tol Trans Sumatra yang aman dan nyaman.
Ditegaskan Adjib bahwa kampanye SETUJU Hutama Karya dalam lima tahun terakhir berdampak langsung pada penurunan tingkat kecelakaan di jalan tol yang signifikan.
"Kami berharap melalui acara ini, para komunitas hingga asosiasi dapat menjadi perpanjangan tangan perusahaan dalam menyebarkan pesan-pesan Kampanye SETUJU kepada anggota masing-masing hingga masyarakat," imbuh Adjib dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu, 7 September 2024.
Baca juga: Hutama Karya Bikin Jalan Tol Jadi Infrastruktur Berkelanjutan, Begini Caranya |
Tingkatkan kesadaran pengguna
Akbar Rais, salah satu narasumber dalam acara ini mengapresiasi Hutama Karya atas inisiatifnya dalam menggelar talkshow interaktif yang dipadukan dengan Hiburan Rakyat. Di sini yang paling penting adalah keselamatan dan kenyamanan.
Menurut dia, Jalan Tol Trans Sumatra selain memberikan akses yang sangat baik, namun juga memiliki jalur yang lebar, jalan yang cukup panjang dengan permukaan yang mulus sehingga dapat berpotensi menyebabkan microsleep.
"Dengan karakteristik jalan tersebut, edukasi ini menjadi sarana penting dalam meningkatkan kesadaran pengguna akan keselamatan berkendara melalui peran para komunitas dan asosiasi," sebut dia.
Kampanye ini telah menunjukkan hasil yang cukup signifikan dimana melalui 12 aksi Operasi Microsleep, sekitar lebih dari 700 pengemudi berhasil di monitor kondisi fisik maupun kendaraan serta diedukasi pentingnya selamat berkendara di malam hari yang tersebar di Tol JORR-S, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung, Tol Pekanbaru-Dumai, Tol Pekanbaru-Bangkinang, dan Tol Binjai-Langsa.
"Dalam sisa tahun 2024, sejumlah strategi disiapkan untuk mengoptimalkan kampanye SETUJU, yakni dengan meningkatkan frekuensi dan memperluas wilayah pelaksanaan Operasi Microsleep untuk menjangkau lebih banyak pengguna jalan tol," terang Adjib.
Kampanye SETUJU gagasan Hutama Karya mengandung lima poin utama yang harus diikuti oleh pengguna jalan tol, diantaranya yaitu SETUJU keselamatan adalah nomor satu, SETUJU pastikan kondisi kendaraan prima, SETUJU tidak mengebut di jalan tol, SETUJU untuk istirahat jika lelah atau ngantuk, dan SETUJU zero ODOL di jalan tol.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News