Ilustrasi. Foto: dok. Modena Indonesia.
Ilustrasi. Foto: dok. Modena Indonesia.

Kalau Serius Ubah Kompor Gas ke Listrik, Pemerintah Juga Harus Siapkan Pasokannya..

Media Indonesia • 25 September 2022 09:14
Jakarta: Pengamat energi Universitas Indonesia (UI) Iwa Garniwa mengatakan dalam program penggunaan kompor listrik pemerintah harus bisa menyiapkan infrastruktur berupa supply listrik bagi masyarakat.
 
Menurut Iwa, saat ini PLN sudah siap dari sisi supply listrik tersebut. Namun, kemampuan Miniature Circuit Breaker (MCB) atau pembatas arus di pelanggan juga harus ditingkatkan, jika tidak ingin sistem kelistrikan pelanggan mudah mati.
 
"Tetapi itu tergantung objek atau jenis pelanggan mana yang akan menjadi konsumen kompor listrik atau kompor induksi ini. Kalau pelanggan besar, sistemnya sudah siap dan mampu dengan lonjakan daya yang dibutuhkan, sedangkan pelanggan kecil seperti 450-1300 VA perlu penguatan lagi," kata Iwa Garniwa saat dihubungi Media Indonesia, dikutip Minggu, 25 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iwa melanjutkan, selain dari sisi supply listrik, tentunya pemerintah juga harus menyiapkan industri di sektor kompor listrik atau kompor induksi, agar dapat mempermudah pelanggan terhadap kebutuhan kompor listrik nantinya.
 
Baca juga: Kompor Listrik: Siapa Untung, Siapa Buntung?

 
Lebih lanjut, untuk jenis pelanggannya nanti, menurut Iwa, bagi pelanggan menengah keatas mungkin sudah cukup siap untuk beralih menggunakan kompor listrik. Sedangkan, untuk keseluruhan pelanggan menggunakan kompor listrik tentunya belum siap.
 
"Semua tergantung dari jenis pelanggannya, apabila objeknya pelanggan menengah ke atas, saya yakin sudah siap. Namun, kalau seluruhnya belum siap," ujar Iwa.
 
Iwa berharap untuk kedepannya pemerintah dapat mempersiapkan lebih matang lagi untuk penggunaan kompor listrik tersebut. Serta perlu ditingkatkan lagi kemampuan MCB untuk memperkuat sistem kelistrikan masyarakat.
(FICKY RAMADHAN)

 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif