Bandar Udara Yogyakarta International Airport - - dok YIA
Bandar Udara Yogyakarta International Airport - - dok YIA

Bandara Internasional Yogyakarta Tahan Gempa hingga 8,8 Magnitudo

Ekonomi gempa Bandara Yogyakarta International Airport
Husen Miftahudin • 29 Agustus 2020 13:58
Jakarta: Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PTPP Novel Arsyad memastikan Bandar Udara Yogyakarta International Airport (Bandara YIA) memiliki daya tahan terhadap guncangan gempa. Bahkan desain struktur bandara yang baru saja diresmikan ini mampu menahan gempa hingga magnitudo 8,8.
 
"Dari sisi konstruksi, perencanaan desain struktur mampu menahan gempa dengan kekuatan 8,8 magnitudo dan menerapkan parameter gempa yang baru sebagai antisipasi tsunami dan likuifaksi," ujar Novel dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 Agustus 2020.
 
Atas upaya terhadap pembangunan YIA ini, perseroan dianugerahi tiga penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Tiga penghargaan MURI tersebut adalah Bandara dengan Penyelesaian Zona Airside Tercepat, Bandara dengan Pemakaian Beton Terbanyak, dan Pembangunan Konstruksi Bandara Internasional Tercepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keberhasilan ini menjadi kekuatan bagi PTPP untuk melaksanakan pembangunan bandara baru. Prosespembangunan melibatkan para ahli di bidang konstruksi, termasuk pakar gempa dari Jepang turut dilibatkan untuk memberikan masukan dalam pembangunan bandara ini," paparnya.
 
Pembangunan proyek Bandara YIA berhasil dibangun PTPP dengan progres 100 persen hanya dalam waktu 20 bulan. Menelan investasi hingga Rp11,3 triliun, bandara anyar ini memiliki runway sepanjang 3.250 meter.
 
Secara rinci, Novel menjelaskan bahwa penyelesaian airside bandara tersebut dikerjakan hanya dalam waktu delapan bulan. Sedangkan untuk mencapai pengoperasian minimum bandara, perseroan dapat menyelesaikannya dalam kurun waktu 12 bulan.
 
Adapun pembuatan desain arsitektur YIA didesain dengan konsep kearifan lokal dan terdapat pekerjaan seni (artwork) yang melibatkan 46 seniman lokal Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam sambutannya di acara peresmian YIA, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada PTPP yang telah sukses membangun YIA dengan kualitas terbaik yang pernah ada di Indonesia.
 
"Saya juga berterima kasih kepada PP dan Angkasa Pura I yang tadi kita lihat secara detail pengerjaannya juga menurut saya ini yang terbaik, saat ini di Indonesia," papar Jokowi.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif