Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. FOTO: Biro Humas Kemendag
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. FOTO: Biro Humas Kemendag

Merek Fesyen RI Melantai di London Fashion Week 2022, Mendag: Membanggakan!

Antara • 13 September 2022 07:53
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan rasa bangga karena produk fesyen merek lokal Indonesia, Klamby, berhasil menjadi yang pertama melantai di London Fashion Week 2022. Diharapkan semakin banyak merek lokal Indonesia yang merambah global.
 
"Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada Klamby. Suatu hal yang membanggakan bagi Indonesia, Klamby menjadi merek fesyen Indonesia pertama yang berhasil tampil di ajang bergengsi London Fashion Week 2022, salah satu dari The Big Four Fashion Weeks dunia," kata Mendag, dilansir dari Antara, Selasa, 13 September 2022.
 
Zulkifli mengatakan Kementerian Perdagangan mendukung keikutsertaan fesyen muslim Indonesia dalam gelaran London Fashion Week 2022. Dukungan itu diharapkan dapat membuka peluang fesyen Muslim Indonesia semakin mendunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu diungkap saat konferensi pers keikutsertaan Klamby dalam ajang resmi peragaan busana di London Fashion Week 2022. Turut hadir dalam acara ini Founder & Creative Director Klamby Nadine Gaus, Wardah Group Head Findi Novia Lusintasari, Kepala Editor Harper’s Bazaar Indonesia Ria Lirungan, dan Direktur Hubungan Masyarakat Tokopedia Nuraini Razak
Baca: Yusril: Jangan Serahkan Pengembangan Komersil IKN ke BUMN!

Mendag menyebut, Indonesia mempunyai kearifan lokal yang beragam dengan potensi pasar fesyen muslim yang sangat besar. Populasi muslim dunia setara 25 persen total populasi dunia. Pada 2060, jumlah Muslim diprediksi meningkat menjadi 30 persen populasi global.
 
Untuk mendukung fesyen muslim, pemerintah telah membuka kerja sama perdagangan dengan negara-negara di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tengah yang mayoritas penduduknya Muslim. Hal itu termasuk untuk produk selain fesyen seperti perhiasan, baik emas maupun perak.
 
"Indonesia memiliki kekayaan keberagaman budaya sehingga memperbesar peluang ekspor fesyen muslim. Oleh karena itu, diharapkan kerja sama semua pihak agar Indonesia dapat menjadi kiblat fesyen muslim di dunia," imbuh Mendag.
 
Sementara dalam sambutannya, Nadine mengungkapkan, keberhasilan Klamby merupakan bagian dari kesuksesan besar bagi industri fesyen Indonesia. Pihaknya berterima kasih atas dukungan dari berbagai pemangku kepentingan sehingga dapat berpartisipasi dalam ajang peragaan busana internasional di London Fashion Week 2022.
 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif