Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO

3 Wilayah Ini Jadi Konsumsi BBM Tertinggi Selama Arus Balik

Ekonomi Mudik Lebaran Pertamina BBM Stok BBM arus balik Harga BBM Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Annisa ayu artanti • 10 Mei 2022 12:02
Jakarta: PT Pertamina (Persero) mencatat konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) terbesar saat arus balik terjadi di Kabupaten Brebes, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Tegal.
 
Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) Alfian Nasution mengatakan selama periode H+3 hingga H+6 arus balik konsumsi BBM di Kabupaten Brebes tercatat dengan peningkatan konsumsi mencapai 813 kiloliter (KL) per hari atau meningkat 120 persen ketimbang rerata normal yang hanya 368 KL per hari.
 
Kemudian, wilayah dengan konsumsi tertinggi selanjutnya adalah Kabupaten Kebumen sebanyak 678 KL per hari atau naik 119 persen dibandingkan dengan kondisi normal yakni 309 KL per hari, dan Kabupaten Tegal mencapai 743 KL per hari atau naik 102 persen dibandingkan dengan kondisi normal di angka 366 KL per hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada arus balik, Pertamina memenuhi kebutuhan BBM pemudik yang meningkat hingga 29 persen pada puncaknya. Angkanya terlihat lebih rendah karena sebaran pemudik arus balik yang lebih fleksibel," jelas Alfian, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Selain konsumsi BBM, Pertamina juga mencatat peningkatan pada konsumsi avtur. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai rekor tertinggi sejak pandemi pada H+5 Lebaran. Saat itu tercatat ada 1.130 penerbangan dengan 150 ribu penumpang.
 
"Hal ini juga terbukti dari konsumsi avtur pada puncak arus balik lalu pada Jumat, Sabtu, dan Minggu yang meningkat hingga 24 persen secara nasional," ucapnya.

Tradisi mudik dan balik kampung tetap terlayani dengan baik

Meski konsumsi meningkat, Alfian memastikan tradisi mudik dan balik kampung tetap terlayani dengan baik. Pertamina bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Kemenhub, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kepolisian, TNI, Jasa Marga, Telkom, Perbankan, dan pemerintah daerah untuk mendukung kelancaran operasional selama Ramadan dan Idulfitri 2022.
 
"Terima kasih sudah mendukung kelancaran penyaluran BBM dan avtur. Bersama-sama kita berhasil mengamankan kebutuhan energi masyarakat dan pemudik sepanjang arus mudik, arus balik, dan saat Hari Raya Idulfitri 2022,” pungkas Alfian.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif