Direktur Utama Rohartindo Nusantara Luas Ronald Hartono Tan. Foto Istimewa.
Direktur Utama Rohartindo Nusantara Luas Ronald Hartono Tan. Foto Istimewa.

IPO, Rohartindo Nusantara Kelebihan Permintaan hingga 106,89 Kali

Husen Miftahudin • 08 Agustus 2022 22:15
Jakarta: Perusahaan yang bergerak di bidang perkakas, peralatan rumah tangga, serta koper, PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 106,89 kali. Perusahaan melakukan Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) sebanyak 410 juta saham baru dengan harga penawaran sebesar Rp127, sehingga dana yang diperoleh sebesar Rp52,07 miliar.
 
"Saham yang ditawarkan pada masa penawaran 2-5 Agustus 2022 mendapat respons positif dari investor, dimana berdasarkan data dari sistem e-IPO dana yang terhimpun sebesar Rp2,137 triliun yang mengakibatkan kelebihan permintaan 106,89 kali dari pooling dengan total investor sebanyak 31.227," ungkap Direktur Utama Rohartindo Nusantara Luas Ronald Hartono Tan dalam keterangan tertulisnya, Senin, 8 Agustus 2022.
 
Dana yang diperoleh dari hasil IPO ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, sebanyak 54,08 persen akan digunakan untuk membeli aset berupa tiga unit ruko dan dua unit gudang untuk pengembangan usaha dan 45,92 persen akan digunakan untuk modal kerja dalam rangka pengembangan bisnis perseroan, yaitu penambahan barang-barang inventory perseroan untuk dijual.

"Barang-barang inventory yang akan dibeli itu adalah 60 persen untuk penambahan produk perkakas, 20 persen untuk penambahan produk peralatan rumah tangga, dan 20 persen sisanya untuk penambahan produk tas dan koper," jelasnya.
 
Dalam waktu yang bersamaan, perseroan juga menerbitkan waran seri I sebanyak 205 juta lembar atau 12,5 persen dari total modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan. Waran akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal penjatahan.
 
Baca juga: 34 Perusahaan Telah Listing, BEI Catat Total Perusahaan Menjadi 800

 
Setiap pemegang dua saham baru berhak atas pembelian satu waran dengan harga pelaksanaan Rp500, yang dapat dilakukan setelah enam bulan sejak diterbitkan, sampai dengan 18 bulan berikutnya. Seluruh dana dari penerbitan waran seri I akan digunakan sebagai modal kerja untuk barang-barang inventory perseroan berupa perkakas, peralatan rumah tangga dan Koper Robot Airwheel.
 
Ronald pun optimistis dapat meningkatkan omzet penjualan pada tahun-tahun mendatang. Selain itu dengan pesatnya tingkat permintaan koper robot Airwheel yang sedang tren, ikut mendongkrak omzet penjualan perseroan.
 
Ronald menyebutkan, melihat potensi dan peluang bisnis sektor konsumer, perusahaan menghadirkan produk-produk yang memenuhi permintaan konsumen di bidang perkakas dan peralatan untuk keperluan rumah tangga kelas menengah bawah. Kegiatan usaha tersebut dimulai dengan penjualan secara konvensional atau offline melalui agen-agen dan reseller door to door.
 
"Seiring dengan perkembangan teknologi, perseroan pun mulai melakukan penjualan secara online. Pada tahun 2021 perseroan telah memiliki wilayah distribusi di Jakarta, Surabaya, Bandung, Sulawesi, Sumatra, Bali, dan Kalimantan dengan lebih dari 1.000 distributor dan reseller," tutupnya.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan