Pertamina membuka Posko Informasi Terpadu di Koramil Koja untuk mempermudah warga terdampak. Foto: Dokumen Pertamina
Pertamina membuka Posko Informasi Terpadu di Koramil Koja untuk mempermudah warga terdampak. Foto: Dokumen Pertamina

Pertamina Klaim Telah Tanggung Jawab Atas Insiden Kebakaran Depo Plumpang

Annisa ayu artanti • 14 Juli 2023 19:13
Jakarta: Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat akan bertanggung jawab terhadap warga terdampak atas insiden kebakaran area pipa Integrated Terminal Jakarta-Plumpang yang terjadi awal Maret lalu.
 
Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menjelaskan Pertamina telah memberikan sejumlah bantuan kepada warga terdampak seperti bantuan biaya pemakaman, biaya keluarga mengantarkan jenazah, santunan kerohiman, dan bantuan perlengkapan sekolah serta uang saku.
 
Lalu Pertamina juga telah memberikan bantuan kontrakan rumah, santunan korban luka, perawatan RS rawat jalan dan tindakan medis lanjutan untuk perbaikan fungsional, bantuan alat usaha dan beasiswa pendidikan anak dalam usia sekolah bagi korban meninggal.
 
Tidak hanya itu, Pertamina juga membuka Posko Informasi Terpadu di Koramil Koja untuk mempermudah warga terdampak dalam melengkapi dokumen untuk proses penggantian baik kendaraan, harta benda, maupun bangunan.
 
Baca juga: Gas Melon Semakin Mahal dan Langka, Pertamina Diminta Bereskan Masalah Distribusi  

Posko yang di mulai sejak Juni lalu ini juga melayani warga apabila terdapat kendala dalam memenuhi kelengkapan dokumen. Di posko tersebut Pertamina juga bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pengurus RW setempat, Sucofindo untuk verifikasi data, KJPP dan Pegadaian untuk penaksiran nilai kendaraan dan harta benda lainnya, serta Polda Metro Jaya terkait dokumen kendaraan warga yang apabila terbakar dapat langsung dapat melakukan proses pengurusan Surat Keterangan Kepemilikan Kendaraan Bermotor di tempat.

"Komitmen Pertamina dalam proses penggantian kami usahakan secepat mungkin bagi yang sudah lengkap dokumennya sesuai ketentuan," kata Eko dalam keterangan tertulis, Jumat, 14 Juli 2023.
 
Abdul Rahim, salah satu warga terdampak kebakaran tersebut mengungkapkan dirinya telah terbantu oleh fasilitas yang diberikan Pertamina untuk penggantian atas kendaraan dan harta benda lainnya.
 
"Saat ini saya sudah mendapat penggantian motor saya yang terbakar, bantuan uang kontrakan, untuk harta benda yang kebakar juga lagi proses. Apabila dokumen sudah lengkap, proses penggantiannya cukup cepat. Kalaupun ada dokumen yang saya bingung misalnya, di posko itu semuanya dijelaskan," kata Abdul Rahim warga RW 01 Rawa Badak Selatan.
 
Kepala Rukun Warga (RW) 01 Rawa Badak Selatan, Bambang Setiyono menyatakan posko yang di bangun Pertamina cukup nyaman dan sangat strategis lokasinya untuk dijangkau oleh warga. Komunikasi dengan Pertamina dari berbagai level jabatan sangat lancar sehingga memudahkan dalam proses penggantian ini.
 
"Kami berharap penggantian harta benda warga yang telah lengkap dokumennya tetap berjalan lancar dan aman serta cepat sesuai dengan yang telah berjalan ini," tutur Bambang. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan