Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) bagi 5,8 juta keluarga miskin yang ada di desa. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) bagi 5,8 juta keluarga miskin yang ada di desa. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Dana Desa Bakal Dipakai untuk Bansos ke 5,8 Juta Keluarga Miskin

Ekonomi dana desa virus corona
Eko Nordiansyah • 08 April 2020 15:49
Jakarta: Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) bagi 5,8 juta keluarga miskin yang ada di desa dan tidak menerima bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Anggarannya bisa menggunakan dana desa.
 
"Dari hasil perhitungan sementara ini ada sekitar 5,8 juta kepala keluarga, cukup banyak," kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti dalam video conference di Jakarta, Rabu, 8 April 2020.
 
Dana desa selama ini digunakan untuk cashforward dan juga pemberdayaan masyarakat, namun nantinya bisa untuk bansos yang diberikan kepada desa. Rencananya setiap keluarga ini akan menerima Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan mekanisme yang pertama adalah pemerintah akan melakukan pendataan melalui Kementerian Desa. Mereka akan menurunkan para relawan ke desa untuk mendata keluarga-keluarga yang berhak (eligible).
 
"Berdasarkan data yang di-cross check dari data yang dikeluarkan oleh Kemensos. Proses ini nanti juga akan melibatkan pemerintah daerah sehingga data yang ada, diharapkan betul-betul bisa memberikan gambaran yang lengkap," jelas dia.
 
Prima berharap pemberesan data bisa dilakukan dengan cepat sehingga April ini sudah bisa disalurkan bantuannya. Dengan kebijakan ini masyarakat desa yang belum mendapat bantuan bisa menerima bantuan yang setara dari pemerintah.
 
"Anggaran yang dibutuhkan dari dana desa akan sangat bervariasi, kisarannya bisa sampai sekitar secara total Rp24 triliun atau sekitar 25 sampai 30 persen dana desa. Tapi ini bergantung assesment ke penduduk desa yang eligible untuk bantuan ini," ungkapnya
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif