Nitori Holdings Co. Foto: Istimewa.
Nitori Holdings Co. Foto: Istimewa.

Perusahaan Furnitur Jepang Bakal Buka 100 Toko di Indonesia

Arif Wicaksono • 27 Juli 2024 16:57
Jakarta: Perusahaan furniture asal Jepang, Nitori Holdings Co, akan membuka banyak toko di Indonesia. Strategi itu dilakukan dengan membuka toko besar di Jakarta dan kemudian menyebar ke daerah lainnya.
 
baca juga:  Biar Nggak Zonk, Ini Tips Beli Furnitur Bekas yang Aman

Wakil Presiden Eksekutif Divisi Merchandising Global Kantor Promosi Penjualan Global, Nitori Holdings Co, Ltd Masanori Takeda  menuturkan fokus utama perusahaan adalah memulai toko di Jakarta untuk kemudian melakukan pengembangan distribusi ke daerah lainnya.  Nitori akan membuka 100 toko di Indonesia dalam 10 tahun kedepan. Target itu akan dicapai dengan membuka toko kecil yang tak harus berada di mall.
 
"Kita akan membuat sebuah toko yang cenderung kecil untuk mempercepat pertumbuhan dibanding membuat toko yang besar," jelas dia dikutip, Sabtu, 27 Juli 2024.
 
Dia mengatakan produk-produk kebutuhan rumah tangga untuk penduduk yang  single maupun yang sudah berkeluarga. Dia menuturkan perusahaan akan membuat harga yang lebih murah dari Jepang dengan kualitas yang sama.

"Seiring dengan melemahnya mata uang Yen maka kami harapkan harganya juga semakin murah," tegas dia.   
 
Dia juga menuturkan Nitori membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan pelaku UMKM di Indonesia untuk melakukan kegiatan ekspor. Konsep Nitori adalah semua produknya bisa dibuat di negara manapun dengan kualitas yang mumpuni.
 
"Target kami adalah membuka 2.000 toko di luar negeri, dan mencapai penjualan sebesar 1 triliun yen pada  2032. Kami akan terus menerima tantangan untuk menyediakan standar kualitas yang sama yang disempurnakan di Jepang ke wilayah Asia." tegas dia.

Visi membuka 3000 Toko

Nitori memiliki visi mengoperasikan 3.000 toko dan mencapai penjualan sebesar 3 triliun yen pada 2032. Nitori telah membuka 828 toko di Jepang dan 184 toko di seluruh dunia, termasuk di Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina, dengan total 1.012 toko. Tahun lalu, ada 340 juta pelanggan yang mengunjungi toko Nitori Grup. Jumlah pembeli melebihi 100 juta.
 
Nitori telah membangun model bisnis yang mencakup segala hal dari perencanaan produk hingga manufaktur, distribusi, dan penjualan, untuk menyediakan berbagai produk dengan harga yang bersaing.
 
"Dalam prosesnya, kami telah membangun jaringan di wilayah Asia yang terdiri dari banyak perusahaan mitra dan pabrik serta perusahaan perdagangan miliknya. Bersama dengan banyak mitra bisnis, Nitori berusaha mengusulkan penciptaan ruang hidup yang menyenangkan, makmur, dan sepenuhnya terkoordinasi kepada orang-orang di seluruh dunia," tegas dia.
 
Nitori percaya Indonesia memiliki pasar yang sangat berharga karena telah berhasil memanfaatkan demografinya untuk pertumbuhan ekonomi, menjadikannya salah satu negara Asia dengan pertumbuhan tertinggi.
 
Pada akhir 2024, Nitori berencana menambah 116 toko di Asia, termasuk negara/wilayah yang sudah memiliki toko dan negara/wilayah baru.  Secara total, Nitori ini akan memiliki 295 toko di seluruh wilayah Asia di luar Jepang. Untuk mewujudkan visinya pada tahun 2032, perusahaan ini bertujuan membuka lebih dari 200 toko di luar negeri per tahun dalam waktu dekat.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan