Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. Dok KAI
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo. Dok KAI

KAI Dukung Pariwisata Yogyakarta

Eko Nordiansyah • 25 September 2022 06:11
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung pariwisata Yogyakarta. Salah satu upaya yang dilakukan KAI adalah melalui kegiatan bersepeda menempuh jarak 100 km mengelilingi Yogyakarta dengan titik start dan finish di Plataran Candi Prambanan, yaitu KAI 100K 2022.
 
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI mendukung kegiatan olahraga terutama bersepeda melalui kegiatan ini. Acara tersebut juga dilaksanakan dalam rangka HUT ke-77 KAI pada 28 September 2022 dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.
 
"Para peserta akan menyusuri keindahan Yogyakarta salah satunya Candi Prambanan dan wisata Lava Bantal. KAI berterima kasih kepada semua pihak sehingga acara KAI 100K 2022 ini dapat terlaksana," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 25 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Didiek mengungkapkan, sebanyak 1.000 peserta berpartisipasi dalam event KAI 100K 2022 ini dengan antusias. Para peserta terdiri dari berbagai komunitas pesepeda hingga masyarakat umum yang datang dari berbagai kota di Indonesia.
 
"Penyelenggaraan KAI100K ini merupakan salah satu upaya KAI untuk menjadi lebih dekat dengan para pecinta sepeda, yang mana mereka juga merupakan bagian dari pengguna jasa KAI," kata Didiek.
 
Event KAI 100K 2022 Fun, Healthy and Charity tidak hanya mengajak peserta untuk bersepeda tapi KAI juga memberikan bantuan CSR. Bantuan yang diberikan berupa sarana penunjang belajar bagi tiga sekolah dasar di wilayah Yogyakarta.
 
Selain itu, pada acara KAI 100K 2022 ini,  KAI juga menyerahkan bantuan 170 bibit pohon untuk Desa Blumbang, Kabupaten Sleman. Bibit pohon tersebut, diharapkan dapat lebih menghijaukan Desa Blumbang yang saat ini menyimpan banyak potensi wisata.
 
KAI juga melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan untuk menjajakan makanan dan fasilitas pendukung bagi para peserta. Secara tidak langsung, KAI turut membantu memasarkan produk-produk UMKM agar semakin dikenal.
 
Para peserta tidak hanya datang dari Yogyakarta, mereka juga datang dari berbagai kota besar lainnya seperti Semarang, Jakarta, Surabaya. KAI menyediakan kemudahan bagi para pelanggan yang ingin membawa sepeda dengan jarak yang jauh.
 
Baca juga: Hype Abis, KA Taksaka Hadirkan Tampilan dan Layanan Memanjakan Anak Milenial

 
KAI mempersilakan pelanggan membawa sepeda lipat dengan diameter roda maksimal 22 inchi. Bagi yang ingin membawa sepeda di luar ketentuan tersebut, KAI menyediakan alternatif angkutan melalui anak perusahaan KAI yaitu KAI Logistik. 
 
Selain itu, Didiek menyebut, masyarakat Yogyakarta juga semakin dimudahkan dengan kehadiran KRL Yogyakarta-Solo dan KA Bandara YIA. Mereka dapat membawa sepeda lipat dengan berat berat 20 kilogram dengan dimensi 100 cm x 40 cm x 30 cm.
 
"Melalui kegiatan ini, kami berharap agar masyarakat bisa secara langsung merasakan manfaat hadirnya KAI. KAI berkomitmen, terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sebagai bagian dari hadirnya BUMN untuk Indonesia," tutup Didiek.
 
(END)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif