Hype Trip merupakan perjalanan kereta api yang memberikan kesan kekinian kepada para pelanggan. Mulai keberangkatan 23 September, perjalanan Taksaka akan menghadirkan nuansa dan fasilitas yang berbeda mulai dari menu makanan, fasilitas permainan, seragam kru, hingga livery kereta dengan vibes milenial.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, Hype Trip diaplikasikan pada KA Taksaka sebagai pilot project karena banyak pelanggan dari KA Taksaka yang berasal dari Gen Y dan Z. Berdasarkan data, pada periode Januari-Juni 2022 sebanyak 58 persen atau 2,7 juta pelanggan KA Taksaka berusia 12-41 tahun.
Selain itu KA Taksaka juga merupakan kereta api yang menghubungkan daerah pusat ekonomi dengan salah satu destinasi wisata dan pendidikan.
| Baca: Kabar Gembira Sobat Traveler! Tiket Tujuan Yogyakarta-Solo Diskon 10% |
"Hadirnya Hype Trip ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang terus berubah secara dinamis. Untuk itu KAI menawarkan pengalaman unik dan fresh, khususnya bagi milenial yang cenderung ingin mencoba hal-hal baru sehingga dapat lebih menikmati perjalanan kereta apinya," ujar Didiek saat meresmikan perjalanan Hype Trip di Stasiun Yogyakarta, Jumat, 23 September 2022.
Perjalanan kereta api dengan konsep Hype Trip ini merupakan bagian dari peningkatan layanan KAI dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September 2022 dengan tema 'Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik'.
Kereta Hype Trip ini, KAI menyediakan menu makanan dan minuman yang disesuaikan dengan selera kaum milenial. Menu khusus yang ditawarkan yaitu Es Kopi Susu Gula Aren, Thai Tea, Cream Soup, Tom Yum, Spaghetti, Chicken Katsu & Kentang Goreng, Indomie Goreng Chicken Katsu Sambal Geprek, Dimsum, Odeng, dan lainnya.
Pada kereta Hype Trip tersebut juga tersedia papan permainan yang dapat dimainkan selama perjalanan. Tambahan fasilitas berupa permainan ini yaitu flash card, jenga block, UNO card, dan ular tangga.
Seragam yang dipakai oleh kru KA juga didesain dengan unik bergaya milenial. Petugas Kondektur yang sebelumnya memakai jas, kini diganti dengan mengenakan rompi. Adapun petugas prama dan prami yang sebelumnya mengenakan seragam berwarna abu-abu, kini menggunakan jaket bomber serta topi untuk prama dan syal untuk prami.
Di samping itu, livery bernuansa Hype Trip juga diterapkan pada interior dan eksterior kereta api. Livery yang terpasang di lokomotif dan kereta ini didesain dengan penuh warna. Di bagian interior juga terpasang tulisan-tulisan motivasi untuk menginspirasi dan memberikan semangat kepada para pelanggan.
Pelanggan juga masih dapat memanfaatkan WiFi gratis sepanjang perjalanan KA Taksaka dan layanan Entertainment On Board (EOB) berupa berbagai macam konten hiburan selama perjalanan. Dengan tersedianya WiFi gratis dan layanan EOB ini, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan.
"Kami berharap layanan baru Hype Trip ini dapat memberikan kesan mendalam bagi para pelanggan, sehingga mampu mempertahankan pelanggan setia serta menarik para pelanggan baru KAI," kata Didiek.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo menyatakan, peluncuran ini diharapkan akan membuat lebih banyak wisatawan milenial datang ke Yogyakarta.
"Ini menjadi sangat menarik bagi para milenial untuk menggunakan moda transportasi kereta api. Ini menjadi pilihan bagus ketika BBM naik dan harga tiket pesawat tinggi," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id