Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Foto: MI/Ramdani
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Foto: MI/Ramdani

Bahlil Klaim Keberhasilan Sistem OSS Sudah 83%

Eko Nordiansyah • 09 Agustus 2021 12:37
Jakarta: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan tingkat keberhasilan dari sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko sudah 83 persen di seluruh Indonesia. Sementara sisa 17 persen lainnya masih akan dilakukan penyesuaian dengan sistem ini.
 
"Kami miliki keyakinan setelah mengetes insyaallah tingkat keberhasilan aplikasi ini 83 persen dan 17 persen masih lakukan penyesuaian," kata dia dalam peluncuran sistem OSS di Jakarta, Senin, 9 Agustus 2021.
 
Ia menambahkan, jika ada kesalahan dalam proses perizinan melalui sistem OSS ini Kementerian Investasi/BKPM akan memperbaikinya bersama Indosat. Pasalnya Bahlil menyebut, sistem OSS ini merupakan kerja sama antara kedua belah pihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami jujur menyampaikan bahwa yang mengerjakan ini adalah Indosat. Jadi bukan perusahaan kaleng-kaleng. Jadi kalau andaikan ada trouble berarti Indosat dan kami sebagai menteri investasi akan bertanggung jawab," ungkapnya.
 
Bahlil mengatakan, peluncuran OSS ini merupakan amanat dari Undang-Undang Cipta Kerja. Saat ini sistem OSS akan menghubungkan proses perizinan investasi yang sebelumnya ada di 18 kementerian/lembaga, kini bisa seluruhnya diproses di Kementerian Investasi.
 
Ia juga mengklaim saat ini proses perizinan melalui sistem OSS ini sudah stabil. Bahkan tak hanya perizinan berusaha di pusat saja, menurut Bahlil, OSS ini juga memiliki ruang lingkup yang lebih luas dengan menghubungkan empat aplikasi lainnya.
 
"Aplikasi ini menghubungkan empat, yaitu aplikasi ruang lingkup untuk kabupaten/kota, aplikasi ruang lingkup provinsi, aplikasi untuk kementerian/lembaga, dan aplikasi di pusat, di Kementerian Investasi sebagai terminal yang akan menghubungkan," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif