Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: Dokumen Kementerian Ketenagakerjaan
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: Dokumen Kementerian Ketenagakerjaan

Sayang Banget, 249 Ribu Pekerja Gagal Dapat BSU Gegara Gak Punya Rekening Himbara

Annisa ayu artanti • 16 September 2022 14:44
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan ada sebanyak 249.740 pekerja yang gagal mengantongi Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari pemerintah atas kenaikan harga BBM sebesar Rp600 ribu untuk tahap pertama.
 
Ida bilang, para pekerja tersebut tidak lolos dalam verifikasi dan validasi karena tidak memiliki rekening di bank. Adapun penyaluran BSU 2022 ini dilakukan melalui rekening Himpunan Bank Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia.
 
"Ada verifikasi dan validasi dari perbankan, yang tidak lolos 249.740 artinya mereka tidak memiliki rekening di bank," kata Ida dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 16 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nantinya, lanjut Ida, solusi dari para pekerja tersebut adalah tetap dibukakan rekening Himbara atau disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Ia juga mengatakan, pemerintah masih memberikan waktu untuk perbaikan data penerima BSU 2022 itu.
 
Baca juga: Login Bsu.kemnaker.go.id, Cek BSU Rp600 Sudah Cair atau Belum ke Rekeningmu

"Kami masih punya waktu untuk memperbaikinya, baik diperbaiki oleh pekerjanya maupun atas masukan dari perusahaan," ujarnya.
 
"Rata-rata karena tidak memiliki nomor rekening Himbara, atau nomor rekening Himbaranya sudah mati, akan ada verifikasi lanjutan," imbuhnya.
 
Seperti diketahui data penerima BSU 2020 yang lolos verifikasi di BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 5.099.915 pekerja. Lalu Kementerian Ketenagakerjaan menyeleksi lagi menjadi 4.361.792 pekerja.
 
Mulai 12 September 2022 BSU Subsidi sudah bisa dicairkan dan dimanfaatkan para pekerja. 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif