Smelter nikel. Foto : AFP.
Smelter nikel. Foto : AFP.

Industri Smelter Nikel diharapkan Dorong Perekonomian Kalsel

Antara • 30 Juli 2022 10:20
Banjarmasin: Keberadaan industri nikel di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, diharapkan semakin mendorong laju pertumbuhan ekonomi di daerah.
 
Harapan tersebut disampaikan anggota Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalsel H Iberahim Noor sehubungan peletakan batu pertama pembangunan smelter nikel di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) 25 Juli 2022.
 
baca juga: Pembangunan Smelter Nikel di Tanah Bumbu Serap 1.200 Tenaga Kerja

"Kami mengapresiasi perusahaan yang membangun pabrik pengolahan nikel tersebut. Apalagi investornya urang Banua," ujarnya dikutip dari Antara, Sabtu, 30 Juli 2022.
 
Pasalnya, menurut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel IV/Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) itu, keberadaan industri nikel tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, juga berpotensi ekspor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal lain yang tidak kalah penting, pabrik nikel tersebut menampung banyak tenaga kerja, berarti secara langsung maupun tidak menunjang pendapatan keluarga," lanjutnya.
 
"Oleh karenanya kita berharap rekrutmen ketenagakerjaan industri nikel di Tanbu tersebut memberikan kesempatan semaksimal mungkin terhadap warga setempat," demikian Iberahim Noor.
 
Saat menghadiri peletakan batu pertama, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyatakan pembangunan smelter PT Anugerah Barokah Cakrawala (ABC) di kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanah Bumbu akan mendukung program hilirisasi industri yang menjadi prioritas pembangunan Kalsel serta terwujudnya kawasan industri yang mendukung pembangunan daerah.
 
Smelter ini berkapasitas produksi 40.000 ton per tahun dan akan menyerap sekitar 1.200 tenaga kerja. Pembangunannya satu kawasan dengan pabrik biodesel PT Jhonlin Agro Raya (JAR), yang peresmiannya oleh Presiden Joko Widodo 21 Oktober 2022.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif