Ilustrasi jalan tol. Foto: MI/Ramdani.
Ilustrasi jalan tol. Foto: MI/Ramdani.

Tol Serang-Panimbang Sinergikan Kawasan Industri dan Kawasan EKonomi Khusus Tanjung Lesung

Antara • 03 Desember 2022 19:08
Jakarta: Konsultan properti Knight Frank Indonesia mengungkapkan Jalan Tol Serang - Panimbang yang dibangun oleh BUMN Wijaya Karya (WIKA) dapat mensinergikan Kawasan Industri Cileles dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.
 
baca juga: Sandiaga: KEK Morotai Punya Keunggulan Geo Strategis

 
"Kehadiran kawasan industri tentunya dapat menjadi salah satu kegiatan pendukung pariwisata yang ditawarkan di KEK Tanjung Lesung," ujar Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat dikutip dari Antara, Jumat, 3 Desember 2022.
 
Sari mengatakan komoditas pertanian Pandeglang dapat berkembang dengan hadirnya kawasan industri yang dihubungkan oleh jalan tol yang dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Wijaya Karya Serang Panimbang tersebut.
 
"Dengan demikian penduduk yang bukan merupakan pelaku pariwisata pun tetap dapat memanfaatkan kehadiran kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus di wilayahnya," kata Sari.
 
Ekosistem industri yang berdekatan ini di koridor Barat Jakarta diharapkan menjadikan kawasan ini semakin matang dalam memberikan layanan industri yang lebih variatif, tidak hanya berbasis ekstraksi sumber daya alam, tetapi masuk kepada industri dengan terapan teknologi tinggi.
 
Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meyakini pembangunan Tol Serang-Panimbang dipastikan akan menghubungkan dengan kawasan - kawasan industri, kawasan produksi dan wisata.
 
Dampak pembangunan jalan tol tersebut akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Banten.
 
"Kami optimis Kawasan Ekonomi Khusus itu nantinya banyak dikunjungi wisatawan dan terdapat hotel berbintang juga destinasi wisata," kata Basuki.
 
Pembangunan jalan tol akan melahirkan kawasan industri juga kawasan wisata, sehingga kehadiran Tol Serang-Panimbang itu mendorong penyerapan lapangan pekerjaan.
 
Pembangunan infrastruktur jalan tol Serang - Panimbang dilaksanakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan total investasi Rp8,58 triliun. Pada Seksi 1 - 2, merupakan porsi BUJT PT Wijaya Karya Serang Panimbang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif