Menparekraf Sandiaga Uno. Foto Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto Istimewa.

Sandiaga: KEK Morotai Punya Keunggulan Geo Strategis

Antara • 26 November 2022 21:00
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai di Maluku Utara memiliki keunggulan geo strategis, historis, dan wisata bahari dengan keindahan pantai serta bawah laut yang memesona.
 
"KEK Morotai akan dilengkapi fasilitas bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) berupa ekonomi kreatif center dan juga Falila Loft Studio, yang nantinya akan menjadi unit apartemen. Hal ini sebagai upaya membangkitkan perekonomian dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya," kata Sandiaga saat meletakkan batu pertama KEK Morotai sebagaimana dalam keterangan resmi, Sabtu, 26 November 2022.
 
Menurut dia, pengembangan KEK Morotai dinilai akan membangkitkan ekonomi, menyejahterakan masyarakat, mengembangkan industri ramah lingkungan karena mengacu prinsip pariwisata berkelanjutan, serta bagian dari percepatan pembukaan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menparekraf pun mengapresiasi PT Jababeka Morotai yang telah mengembangkan KEK Morotai dengan inovasi teknologi panel surya terbaru dari Jepang.
 
"Saya berterima kasih juga dengan terobosan yaitu uji coba teknologi panel surya yang terbaru dari Jepang, jadi nanti kita bisa juga melabel ini sebagai green energygreen economy, atau green tourism. Ini adalah pelopor penggunaan energi bersih, energi baru, dan terbarukan," kata Sandiaga.
 
Baca juga: Sandiaga Uno Tegaskan Perlu Ada Kesiapan Hadapi Bencana di Sektor Parekraf

 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahaja Purnama mengatakan pihaknya menargetkan terciptanya 4.000 lapangan kerja dalam mengembangkan KEK Morotai.
 
"Terima kasih atas komitmennya Pak Menparekraf yang telah hadir di KEK Indonesia, termasuk KEK Morotai. Kami mohon doa dan supportnya untuk mendukung Morotai, yang kami percaya Morotai akan menjadi luar biasa," ujar Basuri.
 
Penjabat Bupati Pulau Morotai Umar Ali berterima kasih kepada pemerintah yang telah menjadikan Pulau Morotai menjadi KEK. Ia mengharapkan KEK Morotai dapat berdampak terhadap pembukaan peluang pekerjaan seluas-luasnya.
 
"Kami juga sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Presiden Jokowi yang menyatakan Morotai sebagai pusat ekonomi nasional. Kami percaya KEK ini akan dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya, dan Falila Square menjadi simbol investasi dan KEK di Morotai," ungkap Umar.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif