"Artificial intelligence (AI) dan manusia dapat saling berkolabirasi. Pekerjaan lebih mudah, efisien. Memperkuat dan memudahkan pekerjaan manusia," kata Ketua Umum Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial (Korika), Hammam Riza saat pembukaan kantor baru Teleperformance, Rabu, 21 Mei 2025.
TP Indonesia menjadi contributor dalam ekosistem AI Indonesia dengan meluncurkan produk Persona AI dan diharapkan menjadi bagian dari anggota korporasi dalam ekosistem AI Korika.
"Korika sebagai amanah dari Strategi Nasional atau Stranas AI, merupakan multi-helix orkestrator terdiri dari pemerintah, industry/bisnis, akademik, komunitas dan media. Apalagi, saat ini Stranas AI Indonesia 2020-2045 sudah dilanjutkan dengan Peta jalan (roadmap) AI 2025," katanya.
Hammam mengatakan, pasar AI Indonesia telah mencapai USD 380 juta pada tahun 2024 dan mengalami pertumbuhan pesat dengan CAGR sekitar 25%, diproyeksikan mencapai USD 995 juta pada tahun 2027.
Sementara 42% perusahaan besar telah memulai pilot project AI, tetapi hanya 17% UKM yang telah mulai implementasi.
"Namun, masih belum jelas berapa alokasi pemerintah untuk inisiatif transformasi digital seperti yang diarahkan dalam Strategi AI Nasional 2020-2045. Hal ini menciptakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi peningkatan adopsi AI di Indonesia, katanya.
CEO TP Indonesia Michael Wullur mengatakan, pihaknya berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai pasar strategis untuk inovasi, layanan multibahasa, dan transformasi digital.
“Selain di Jakarta, kami akan ekspnasi ke beberapa kota. Targetnya dalam dua atau tiga tahun ke depan, jumlah karyawan lebih dari 10 ribu orang,” katanya.
Michael mengatakan, Indonesia memiliki talenta-talenta dibidang teknologi, ia optimis pertumbuhan di Indonesia akan luar biasa.
"Jumlah anak-anak muda yang mencapai 65 persen dari populasi merupakan sebuah peluang bagi Indonesia, dan TP akan memberikan peluang bagi tenaga- tenaga digital Indonesia untuk bekerja di perusahaan yang besar,” ujarnya.
Michael mengatakan, kini bukan hanya agen layanan pelanggan TP yang dibantu oleh copilot AI tapi juga seluruh support karyawan sebuah teknologi yang menggabungkan efisiensi AI dengan empati manusia untuk menghadirkan pengalaman layanan yang lebih cepat, akurat, dan efisien.
Solusi ini dikembangkan secara internal dan disesuaikan khusus untuk kebutuhan pasar Indonesia, mencakup fitur seperti ringkasan otomatis pesan, identifikasi maksud pelanggan, dan pembuatan respons cerdas.
“Dengan mengintegrasikan AI ke dalam operasi kami, TP menetapkan standar baru dalam penyediaan layanan pelanggan kelas dunia,” ujar Michael.
Persona AI membantu agen bekerja lebih cerdas dan merespons lebih cepat, memastikan setiap interaksi pelanggan berlangsung efisien, tepat, dan bermakna.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id