Hermawan Kartajaya yang telah melahirkan 13 buku internasional yang ditulisnya bersama Bapak Pemasaran Modern Philip Kotler, baru saja meraih dua pengakuan internasional dan satu penghargaan dunia atas karya dan dedikasinya di dunia pemasaran.
Honorary Fellow by CIM–UK
Pada acara World Marketing Forum 5 yang digelar di Colombo, Sri Lanka, Kamis, 13 November 2025, pria yang akrab disapa HK ini didaulat sebagai Honorary Fellow of The Chartered Institute of Marketing (CIM), United Kingdom (UK).Pengakuan tertinggi dari lembaga pemasaran profesional terbesar di dunia ini diserahkan langsung oleh Chief Executive CIM, Chris Daly, menandai kontribusi lintas negara HK dalam memajukan praktik pemasaran modern.
“Pada tahun 2003, Hermawan merupakan satu dari ‘50 Gurus Shaping the Future of Marketing. Ia juga terus menunjukkan kiprahnya sebagai profesional di bidang pemasaran hingga hari ini,” ujar Chris Daly, Chief Executive The Chartered Institute of Marketing (CIM), United Kingdom (UK) di panggung World Marketing Forum ke-5 yang digelar di Colombo, Sri Lanka dikutip Sabtu, 13 Desember 2025.
“Sebagai pengakuan atas seluruh kontribusinya bagi dunia pemasaran, termasuk perannya sebagai Co-Founder dan memimpin Asia Marketing Federation sejak tahun 1991, serta World Marketing Council pada tahun 2025, dengan ini saya menganugerahkan Honorary Fellowship kepada Profesor Hermawan Kartajaya,” tambah Chris.
Pengakuan dari dunia internasional bukan yang pertama untuknya. Reputasi globalnya telah diakui sejak dua dekade lalu. Setelah masuk dalam daftar “50 Gurus Shaping the Future of Marketing” yang diberikan oleh CIM-UK bersama tokoh-tokoh besar seperti Philip Kotler, David Aaker, Gary Hamel, Tom Peters, dan Seth Godin, pada tahun 2009, ia menerima Distinguished Global Leadership Award dari Pan-Pacific Business Association, University of Nebraska–Lincoln.
Rangkaian pencapaian historis ini memperkuat legitimasi Hermawan untuk menerima gelar Honorary Fellow sebagai pengakuan yang hanya diberikan kepada individu dengan dampak global yang berkelanjutan.
| Baca juga: Museum Marketing Philip Kotler Hadir di Indonesia |
Honorary Global Marketing Advisor by CCPIT
Pengakuan kedua datang MCorp menggelar rangkaian acara HK78 China Study Tour during Book Pre-Launch with CCPIT di KBRI Beijing, China, Hermawan dianugerahi gelar Honorary Global Marketing Advisor by China Council for The Promotion International Trade (CCPIT) pada Rabu, 20 November 2025. Penghargaan diberikan oleh Shanshan Li, Executive Director of CCPIT.Guinness World Record – “Most Users in a Branding Video Lesson”
Seminggu berselang, Hermawan yang menggelar Special Museum Lecture by The GURU - BRANDING Lenses: Key Elements, Tech, Entrepreneurship pada Senin, 10 November 2025, di Philip Kotler Museum of Marketing with Hermawan Kartajaya, Jakarta mendapat pengakuan dari Guinness World Record.
Webinar yang diikuti oleh 2.069 partisipan ini berhasil memecahkan Guinness World Record sebagai “Most Users in a Branding Video Lesson.” Penghargaan akan diserahkan secara simbolik oleh perwakilan Guinness World Record yang berkantor pusat di Jepang pada perhelatan MarkPlus Conference 2026 yang digelar pada 10-11 Desember 2025.
Penghargaan diserahkan oleh Sonia Ushirogochi, Official Adjudicator Guinness World Records Japan K.K. kepada Founder & Chair of MCorp, Hermawan Kartajaya. Di atas panggung, Sonia mengungkapkan bahwa ini merupakan pencapaian luar biasa dan hasil dari kolaborasi yang kuat.
“Guinness World Records selalu merayakan pencapaian luar biasa yang kekuatan tersebut datang melalui kolaborasi dari Anda semua. Dan kini, GUINNESS WORLD RECORDS – “Most Users in a Branding Video Lesson” diberikan kepada Hermawan Kartajaya,” ujar Sonia
Philip Kotler Museum of Marketing with Hermawan Kartajaya juga merupakan salah satu mahakarya yang dibuatnya bersama Iwan Setiawan, CEO of MarkPlus, Inc. dan Marketeers sebagai kurator. Museum yang didirikan di Jakarta ini menjadi bentuk visual berbagai konsep yang ditulis olehnya di dalam 13 bukunya bersama Philip Kotler.
Hermawan mengelompokkan 13 buku ini ke dalam tiga kelompok, Key Element of Marketing, Tech Marketing, dan Entrepreneurial Marketing. Lagi-lagi sumbangan pemikiran dan inovasi ini menjadi legasi from Asia to the world.
Dengan momentum pengumuman resmi yang dilakukan pada MarkPlus Conference 2026, pencapaian ini menjadi simbol kuat posisi Indonesia dalam panggung pemasaran global.
Sebagai bagian dari ekosistem MCorp, Philip Kotler Museum of Marketing with Hermawan Kartajaya terus berkomitmen menghadirkan pendidikan pemasaran yang inspiratif, mudah diakses, dan selaras dengan perkembangan teknologi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News