Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)

Hipmi Didorong Cetak Pengusaha Muda untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Lukman Diah Sari • 21 November 2022 11:23
Solo: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak pengusaha dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) berkolaborasi untuk mencetak entrepreneur muda kreatif, mandiri, dan inovatif. Hal itu disampaikan Ganjar usai menghadiri gala dinner bersama para pengusaha HIPMI pada Minggu, 20 November 2022.
 
"HIPMI kita harapkan menjadi pionir untuk mendorong entrepreneur muda baru bersama pemerintah membuat pelatihan, membangun jejaring, memberikan akses, sehingga banyak nanti pengusaha muda yang muncul karena kita butuh banyak sekali pengusaha muda di Indonesia," ujar Ganjar di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu, 20 November 2022.
 
Ganjar menerangkan lahirnya para pengusaha muda dapat membuat pertumbuhan ekonomi nasional meningkat. Pasalnya dengan banyaknya pengusaha muda, maka lapangan kerja baru juga semakin terbuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sehingga, tenaga kerja yang terserap akan semakin banyak. Kemudian, tingkat pengangguran dapat berkurang maka perekonomian nasional juga akan tumbuh. 
 
"Ada pekerjaan rumah yang menunggu, menghadapi situasi yang tidak mudah dalam konteks dunia usaha. Kita optimis pertumbuhan ekonomi kita masih di atas lima persen, maka menurut saya itu menjadi bagian dari harapan besar," jelas Ganjar. 

Baca: Kikis Kesenjangan, Ini Pesan Erick Thohir ke Hipmi


Terkait kenaikan upah buruh maksimal 10 persen yang telah ditetapkan pemerintah melalui Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023, Ganjar mendorong kalangan pengusaha dan buruh untuk saling menerima keputusan itu.
 
Ganjar juga meminta pengusaha untuk tetap optimal dalam memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Sehingga Indonesia bisa bertahan di tengah situasi ekonomi global yang tidak stabil. 
 
"Permenaker kan sudah ada ya, maka inilah yang semua harus tahu dan mesti menjaga. Karena tidak semua perusahaan berada pada posisi yang sama, namun banyak perusahaan yang untungnya tinggi karena situasi ini," jelas Ganjar. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif