Ilustrasi UMKM. Foto: Freepik
Ilustrasi UMKM. Foto: Freepik

Jangan Sampai Salah Strategi di Momen Ramadan, Ini Cara UMKM Tingkatkan Penjualan

Media Indonesia.com • 06 Maret 2024 12:51
Jakarta: Ramadan merupakan momen istimewa bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bulan yang spesial itu juga menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal untuk meningkatkan penjualan.
 
Merchant Marketing Lead Tokopedia, Annabel mengatakan, sejumlah kategori produk, seperti makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan tubuh, otomotif, rumah tangga, dan fesyen menjadi yang paling diburu oleh masyarakat menjelang Ramadan.
 
"Melihat animo tinggi masyarakat untuk belanja jelang Ramadan, Tokopedia kembali menghadirkan kurikulum #SIAPRAMADAN 2024 untuk para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, agar penjual bisa memaksimalkan strategi jualan online di Tokopedia," kata Annabel dikutip dilansir Media Indonesia, Rabu, 6 Maret 2024.
 
Baca juga: Ini Cara Cerdas Naikkan Kelas Bisnis UMKM di Pasar Global

Berikut tips bagi penjual dalam memaksimalkan penjualan jelang dan selama Ramadan: 

Pertama, UMKM harus bisa menjaga stok barang biar penjualan aman saat Ramadan 2024. Sebab, ketika Ramadan jumlah penjualan beberapa produk biasanya mengalami peningkatan.
 
Cek stok barang di toko dan pastikan jumlahnya aman agar pembeli tidak berpaling ke toko lain.
 
Kedua, UMKM harus bisa mendekorasi halaman produk dan toko dengan tema Ramadan agar pembeli terkesan untuk ciptakan suasana ala Ramadan di halaman toko penjual dengan menggunakan fitur Dekorasi Toko di Tokopedia.
 
"Pada halaman Dekorasi Toko, penjual bisa menampilkan banner atau gambar promosi toko, video dan kupon promo. Dekorasi Toko berpotensi menarik lebih banyak calon pembeli dengan konten-konten menarik yang dapat meningkatkan branding hingga penjualan toko," ucap dia.
 
Ketiga, UMKM bisa menghadirkan berbagai promosi untuk memikat hati pembeli. Penjual juga bisa melakukan riset dengan melihat strategi penjual lainnya, seperti cara mereka atur promosi dan apa yang disukai pembelinya.
 
Keempat, UMKM diharapkan bisa memanfaatkan tren video pendek dan live streaming agar pembeli makin yakin untuk membeli produk yang ditawarkan.
 
“Pastikan bahwa konten dan topik bahasan sesuai dengan kategori produk yang dijual. Misal, untuk produk fesyen, penonton cenderung ingin mengetahui kualitas serta tampilan dari produk tersebut," jelas dia
 
Kelima adalah melakukan evaluasi jualan toko agar penjualan semakin optimal, selain itu, ujar dia, evaluasi anggaran yang telah dikeluarkan penting untuk dilakukan.
 
“Pantau juga performa promosi toko di media sosial. Lakukan evaluasi angka, metrik serta engagement rate di media sosial setiap minggunya. Cek juga kualitas komentar yang ada di setiap konten untuk mengetahui relevansi konten yang dibuat," tutur dia.
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan