Ilustrasi ekonomi papua. Foto: Medcom.id.
Ilustrasi ekonomi papua. Foto: Medcom.id.

4 Fokus TPID untuk Kendalikan Inflasi di Papua

Antara • 05 Oktober 2022 13:19
Jayapura: Pemerintah Provinsi Papua menyebutkan ada empat fokus utama yang harus diperhatikan tim pengendali inflasi daerah (TPID) dalam mengendalikan inflasi yakni ketersediaan stok, harga yang terkendali, pasokan terjamin, dan koordinasi antara provinsi dan kabupaten.
 
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Muhammad Musa'ad mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan TPID sehingga diharapkan inflasi di Bumi Cenderawasih dapat terkendali dengan baik.
 
baca juga: Pemerintah Daerah dan Pusat Bersinergi di Bawah Kepemimpinan Jokowi

"Pertemuan tersebut tindak lanjut dari arahan Presiden dan menteri terkait inflasi dalam rakor di Jakarta belum lama ini," katanya dikutip dari Antara, Rabu, 5 Oktober 2022.
 
Menurut Musa’ad, ada beberapa hal yang dibicarakan terkait tingkat inflasi Papua yang kini berada urutan keenam tertinggi dari 34 provinsi di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk itu, kami mengambil langkah-langkah antisipatif agar memastikan inflasi di Papua harus dapat dikendalikan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan selain empat fokus utama tersebut, pihaknya juga akan membahas pengendalian inflasi bersama tiga kota inflasi yakni Kota Jayapura, Merauke dan Mimika agar mengendalikan inflasi.
 
"Papua secara umum, bahan pangan harus didatangkan dari luar, untuk itu kami mencoba mengidentifikasi potensi-potensi peningkatan produktifitas pertanian seperti di Kabupaten Merauke, membuat lahan bawang merah, lalu Kota Jayapura cabai ," katanya.
 
Dia menambahkan dengan adanya empat hal tersebut diharapkan inflasi Papua pada akhir tahun nanti dapat menurun atau setidaknya dapat dikendalikan. Sebelumnya, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Papua menggelar pertemuan bersama instansi terkait di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Selasa.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif