Sensus penduduk online. Foto: Antara/Risyal Hidayat
Sensus penduduk online. Foto: Antara/Risyal Hidayat

Sebanyak 51,36 Juta Penduduk Ikut Sensus Online

Eko Nordiansyah • 02 Juni 2020 15:32
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk yang telah mengikuti sensus penduduk secara online sebanyak 51,36 juta orang. Sensus penduduk secara online telah dilaksanakan sejak 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020.
 
Kepala BPS Suhariyanto mengatakan sensus penduduk online ini diikuti oleh 19,05 persen dari total jumlah penduduk sebanyak 270 juta orang. Setelah ini, BPS akan mengolah data yang sudah masuk, serta menyiapkan sensus penduduk secara tatap muka.
 
"Setelah ini kita akan mengolah hasil sensus penduduk online dan membuat daftar penduduk yang akan kita bikin per satuan lingkungan setempat," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 2 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, masyarakat yang belu mengisi sensus penduduk online akan didatangi oleh petugas dari BPS yang bekerja sama dengan RT setempat. Tak hanya itu, akan ada 247 ribu relawan yang membantu 16 ribu petugas BPS untuk melaksanakan sensus penduduk secara langsung ini.
 
"Awalnya 400 ribu petugas dan kita latih tatap muka dan nanti lakukan wawancara, tetapi karena ada efisiensi (anggaran) 43 persen, tata kelola bisnis ini kita ubah dan juga karena ada covid-19," jelas dia.
 
Sebagai gantinya BPS akan menyebar kuisioner kepada masyarakat yang belum terdata. Nantinya mereka diminta mengisi kuisioner tersebut, dan akan diambil lagi oleh petugas sensus tanpa melakukan wawancara seperti biasanya.
 
"Petugas ini nanti tugasnya mengecek sendiri daftar penduduk bekerja sama dengan RT, kita membagikan kuisioner dan tidak melakukan wawancara dan nanti akan mengambil kembali. Karena ada efisiensi maka pelatihannya tidak tatap muka tapi dengan online, harus diakui dengan adanya efisiensi, covid, tata kelola yang kita susun banyak perubahan dan kita akan sesuaikan dan tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif