Bendungan. Foto : ANT.
Bendungan. Foto : ANT.

Konstruksi Bendungan Kuwil Kawangkoan-Sulut Tahan Gempa

Ekonomi gempa Bendungan wijaya karya
Antara • 29 April 2021 12:56
Manado: Deputi Manajer Proyek Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara, PT Wijaya Karya(Persero), Bismayoedi W, ST, mengatakan konstruksi bendungan yang ditargetkan selesai akhir tahun tersebut tahan gempa.
 
"Secara struktur pembangunan bendungan ini telah dikaji baik, dengan kata lain risiko sudah sangat minim dan hampir tidak ada," ujar Bismayoedi dikutip dari Antara, Kamis, 29 April 2021.
 
Saat ini, pengerjaan penimbunan tubuh bendungan sementara berlangsung dan harus dimaksimalkan dengan baik untuk memenuhi spesifikasi. Sebab kondisi struktur bendungan bisa maksimal dan sesuai dengan spesifikasi maupun kualitas ikut ditentukan dengan kondisi cuaca.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Soal keamanan istilahnya sudah dikaji secara teknis, dijamin keamanannya," tambahnya.
 
Dia menambahkan, pada saat perencanaan tim ahli maupun konsultan sudah memiliki indeks gempa setiap area, termasuk di Sulut sehingga memiliki faktor keamanan tinggi.
 
"Harapannya kalau ada ada gempa di Sulut tidak berdampak terhadap kondisi struktur bangunan bendungan," ujarnya.
 
Dia memperkirakan ketahanan Bendungan Kuwil Kawangkoan ini terhadap gempa di atas tujuh skala richter.
 
"Kalau terlalu rendah (ketahanan bendungan lima skala richter) begitu ada kejadian seperti di Palu Sulawesi Tengah yang di atas tujuh skala richter, bendungan ini bisa jebol. Likuifaksi pun tidak ada potensi," ujarnya.
 
Bismayoedi menambahkan, manakala bendungan ini selesai dibangun, masyarakat dapat menikmati multi dampak, di antaranya sebagai salah destinasi wisata, olahraga air, penyedia air baku dan listrik mikro hingga tujuan utamanya mereduksi banjir di Kota Manado.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif