Ruas tol Palembang-Betung - - Foto: Medcom/ Gonti
Ruas tol Palembang-Betung - - Foto: Medcom/ Gonti

Waskita Geber Proyek Tol Palembang-Betung, Beroperasi 2023

Ekonomi BUMN infrastruktur waskita karya jalan tol trans sumatera
Husen Miftahudin • 17 Oktober 2020 18:00
Jakarta: PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan menggeber penyelesaian proyek konstruksi ruas Tol Palembang-Betung dengan total panjang konstruksi 69,46 kilometer. Pembangunan ruas tol tersebut merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (KAPB).
 
Pada April 2020 lalu, emiten konstruksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan kode saham WSKT ini sudah merampungkan pembangunan ruas Tol Kayuagung-Palembang sepanjang 33,5 kilometer.
 
Secara simbolik, pembangunan konstruksi ruas Tol Palembang-Betung telah dilakukan oleh Presiden Direktur Waskita Karya Destiawan Soewardjono lewat acara Groundbreaking Jalan Tol KAPB Ruas Palembang-Betung di Banyuasin, Sumatra Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Acara groundbreaking ini juga turut dihadiri Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hendy Rahadian, Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, Ketua DPRD Sumatra Selatan Anita Noeringhati, jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Sumatra Selatan, serta jajaran Direksi Waskita Sriwijaya Tol.
 
Destiawan mengungkapkan, sejak awal April 2020, Waskita telah mengoperasikan secara gratis seksi satu dari tiga seksi ruas tol ini. Ruas tol tersebut adalah seksi Kayuagung-Palembang (sampai dengan Jakabaring) dengan panjang 33,5 kilometer.
 
"Ini merupakan kontribusi Waskita untuk masyarakat Sumsel khususnya, dan kami akan menyelesaikan dalam waktu dekat sepanjang sembilan kilometer, sehingga terkoneksi dari Kayuagung sampai Jalan Lintas Timur, sehingga panjang total yang akan beroperasi adalah 42.5 kilometer," ucap Destiawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 17 Oktober 2020.
 
Sementara itu, Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto menjelaskan bahwa proyek Tol KAPB ruas Palembang-Betung ditargetkan beroperasi pada 2023. Diharapkan dengan adanya pembangunan proyek ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas pada jalur Lintas Timur arah Palembang-Jambi.
 
"Jalan tol ini dapat memangkas waktu distribusi barang maupun mobilitas kendaraan, bila melewati jalan biasa membutuhkan waktu tempuh dua sampai tiga jam dengan adanya tol ini menjadi 20 menit saja. Selain itu dengan adanya pembangunan tol ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar tol," pungkas Bambang.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif