Ilustrasi pabrik kereta - - Foto: MI/ Pradipta
Ilustrasi pabrik kereta - - Foto: MI/ Pradipta

Inka Bakal Bangun 2 Pabrik Baru di Afrika

Ekonomi BUMN pemilu afrika lokomotif kereta inka persero
Annisa ayu artanti • 18 November 2020 14:03
Jakarta: PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA berencana membangun dua pabrik kereta baru di Afrika. Hal ini seiring tingginya proyeksi permintaan kereta di luar negeri.
 
"Untuk Afrika kemungkinan besar akan bangun pabrik di sana," kata Direktur Utama INKABudi Noviantoro dalam diskusi virtual, Rabu, 18 November 2020.
 
Budi mengatakan INKA harus mengejar target produksi enam kereta per hari. Jika mengandalkan pabrik di dalam negeri saja, pihaknya tidak akan mampu mengejar target tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu cukup besar karena cover untuk yang lintas Arika itu cukup besar kebutuhannya. Jadi untuk enam kereta per hari untuk INKA enggak akan sanggup," jelas dia.
 
Adapun potensi kereta api di Afrika sangat besar jika melihat panjangnya jalur kereta di negara bagian tersebut yang mencapai 19.241 kilometer. Kemudian peluang jalur kereta Liberia-Libya dan Gabon-Eritra juga cukup panjang yakni 7.411 kilometer dan 4.564 kilometer. Lalu jalur DRC-Tanzania juga tercatat masih memiliki peluang 5.797 kilometer.
 
Lebih lanjut, INKA berencana menggandeng perusahaan lokal di negara-negara bagian Afrika untuk membangun pabrik baru itu. Jika tidak dibutuhkan waktu berpuluh tahun untuk menguasai pasar Afrika.

 
"Dengan beberapa perusahaan nanti kita akan gandeng untuk men-setup pabrik 1-2 pabrik," sebutnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif